Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi RPJMD 2021-2026

Sei Rampah,

 Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya hadir dalam Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sergai tahun 2021-2026, No. 6 Tahun 2021, yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (1/12/2021).

 Membuka sambutannya, Bupati Sergai Darma Wijaya menyampaikan jika pelaksanaan sosialisasi ini didasari Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Pasal 16 Ayat (2) yang menyatakan bahwa Bupati menyebarluaskan Peraturan Daerah tentang RPJMD kepada masyarakat.

 Dirinya juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi atau pandangan terkait visi, misi, dan sasaran, strategi dan arah kebijakan peraturan daerah hingga akhir 2024.

 Bupati menyebut dirinya selaku Kepala Daerah tentu tidak dapat berjalan sendiri dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Sergai. Sebagai tim yang solid, yakinnya, dibutuhkan sinergitas seluruh pihak, dimulai dari Staf Ahli, Asisten, Inspektur serta Kepala Perangkat Daerah beserta jajarannya sehingga roda pemerintah dapat berjalan di jalur yang benar serta seluruh target yang ditetapkan dapat kita capai.

 “ Seluruh unsur terkait harus memahami target yang telah ditetapkan dalam RPJMD. Ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Bupati dan Wakil Bupati Sergai saja untuk mewujudkannya, tapi menjadi tanggung jawab bersama sebagai tim yang solid,” ucap Darma Wijaya.

 Dalam kesempatan ini juga Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati, juga menyampaikan berdasarkan permasalahan dan isu strategis yang terdapat di dalam dokumen RPJMD ini, maka telah dirumuskan 7 (tujuh) program pembangunan daerah yang diharapkan dapat mewujudkan visi Kabupaten Sergai, “Maju Terus”: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

 Visi tersebut, jelasnya lagi, akan diwujudkan lewat implementasi 5 misi yang terdiri dari, pertama miningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sehat, unggul beriman, dan bertaqwa dengan pemanfaatan IPTEK. Kedua, menyelenggarakan pelayanan publik dengan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih dan baik (clean and good governance) sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku. Ketiga meningkatkan potensi ekonomi kerakyatan yang berdaya saing dengan titik berat pada pertanian, kelautan dan perikanan, peternakan, pariwisata, usaha mikro kecil menengah dan menciptakan iklim investasi yang kondusif sehingga berpotensi membuka lapangan pekerjaan baru sekaligus sebagai upaya mengatasi keterpurukan ekonomi di saat dan setelah pandemi Covid-19. Keempat, meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana infrastruktur dengan pemanfaatan sumberdaya yang ada di desa, kabupaten, provinsi, dan pusat yang terintegrasi dengan sektor-sektor lainnya. Dan terakhir melakukan pemberdayaan masyarakat di berbagai aspek dan meningkatkan ketersediaan fasilitas sosial, fasilitas umum, dan ruang publik untuk seluruh lapisan masyarakat, termasuk anak-anak, perempuan, dan kelompok difabel.

 Masih lanjut Bupati Sergai, di dalam RPJMD ditetapkan arsitektur kinerja pembangunan yaitu 1 visi, 5 misi, 4 tujuan, dan 11 sasaran dengan 20 indikator tujuan dan sasaran serta didukung oleh program-program prioritas yang dijabarkan dalam SAPDA.

 “ Adapun 7 program pembangunan daerah tersebut tarkandung dalam SAPTA DAMBAAN atau SAPDA. SAPDA ini terdiri dari Sekolah Mandiri, Terampil, Asri dan Berkualitas atau Sekolah MANTAB. Kedua Masyarakat Sehat dan Religius. Lalu Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan. Kemudian Infrastruktur Terintegrasi. Berikutnya, Ekonomi Berdaya Saing. Keenam Wisata Maju Terus, dan terakhir Birokrasi Dambaan,” papar Darma Wijaya.

 Selain RPJMD, Bang Wiwiek juga menyinggung terkait permasalahan banjir yang masih terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Sergai. Dia mengajak seluruh pihak berkoordinasi dan bekerja secara maksimal sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam menanganani tantangan tahunan ini.

 “ Masyarakat tidak hanya membutuhkan bantuan namun juga solusi konkrit dan jangka panjang terkait permasalahan banjir ini. Maka dari itu saya mengajak pihak terkait sama-sama mencari solusi terbaik untuk menanggulangi permasalah banjir, yang tahun ini jadi salah satu yang terparah sejak 20 tahun belakangan,” ucap Bupati.

 Di kesempatan serupa, Bupati pun tidak ketinggalan membahas soal capaian program vaksinasi yang saat ini sedang gencar dilaksanakan di Sergai.

 “ Kita kerahkan kemampuan terbaik agar target vaksinasi bisa dicapai. Dengan itu, harapan akan terciptanya herd immunity bisa terwujud. Jika ini bisa kita lewati, tahun depan Insya Allah kita sudah beranjak dari urusan pandemi, dan mulai intensif membahas pembangunan Sergai dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapanya.

 Dalam sosialisasi ini, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, didapuk sebagai narasumber.

 Hadir dalam kegiatan ini para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Narasumber dan perwakilan OPD terkait. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Julia)

644 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *