Bupati Sergai Inspektur Upacara Hari Amal Bakti ke-76 Kemenag RI

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, Senin (3/1/2022) menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementrian Agama RI bertempat di halaman Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sergai di Sei Rampah.

Dalam pidato Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya mengemukakan bahwa  sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kemenag RI tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman serta pengalaman ajaran agama dalam mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“ Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanan dan menjaga Pancasila, konstitusi dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya,” kata Menag dalam pidatonya.

Hal tersebut, kata Bupati lagi, dibuktikan dengan naiknya indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan Forum Kerukunan Umat Beragama serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan baik tingkat nasional maupun daerah, pendampingan koordinasi konsultasi dan fasilitasi, terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Menteri Agama, sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kemenag mengajukan kepada presiden untuk memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 9.310 teknik sipil Kemenag dari 79 satuan kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

“ Alhamdulillah, Allah mengabulkan permohonan tersebut dan pada hari ini diperingatan HAB ke-76 Presiden memberikan penghargaan Satya Lancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang dan 10 tahun kepada 5.999 orang ASN Kemenag. Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kerja di jajaran Kemenag dan menambah kebanggaan sebagai bagian dari Korps Kemenag,” ucap Menteri H. Yaqut Cholil Qoumas.

Ia menambahkan jika usia yang ke-76, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan dan secara bersamaan perlu terus berinovasi untuk kemajuan Kementerian Agama yang lebih baik kedepannya. Hal tersebut juga dapat dijadikan inspirasi untuk meningkatkan daya kreativitas melalui nilai budaya kerja Kemenang yaitu; integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi selaku ASN dalam pendirian agama.

“ Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua ASN Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Kemudian poin penting dalam peringatan Hari Amal Bakti ke-76, yaitu Kemenag sebagai transformasi layanan umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan,” ungkapnya.

Transpormasi yang dimaksud meliputi; perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kemenag dalam memberikan layanan kepada masyarakat, pungkas Bupati Darma Wijaya mengakhiri pidato Menag.

Dia akhir upacara dilaksanakan penyerahan penghargaan Satya Lancana Karya Satya 10 dan 20 tahun kepada Pegawai Negeri Sipil Kemenag Sergai sekaligus pemberian Piagam Penghargaan kepada santriwan/santriwati yang berprestasi juara pada paskibra tingkat pangkalan pada kompetisi inspirasi Pramuka tangguh Provinsi Sumatera Utara.

Hadir juga dalam kegiatan, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, santriwan/santriwati serta seluruh jajaran Kemenag Sergai. (MC Sergai).

Teks/Editor     : Rini Ry

Liputan            : Jepri Alamsah

Admin             : Julia

383 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *