Jelang Pilkades 2022, Pemkab Sergai Bersama Unsur Forkopimda Gelar Rakor untuk Pengamanan

Sei Rampah,

            Menyongsong gelaran pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama unsur Forkopimda menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait pengamaan dalam pelaksanaan Pilkades bertempat di Aula Patriatama Polres Sergai di Sei Rampah, Selasa (4/1/2022).

            Mengawali sambutan Bupati Sergai H Darma Wijaya yang disampaikan melalui Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP menyampaikan jika sesuai dengan jadwal tahapan pelaksanaan Pilkades,  pesta demokrasi untuk memilih pemimpin di tingkat desa tersebut akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2022.

            Faisal merinci, terdapat 102 desa di 16 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades pada tahun 2022, dan khusus untuk wilayah hukum (wilkum) Polres Sergai terdapat 72 (tujuh puluh dua) desa yang terbagi di 11 kecamatan di Sergai akan melaksanakan Pilkades. Sedangkan untuk wilkum Polres Tebing Tinggi ada 30 (tiga puluh) desa terbagi di 5 kecamatan yang juga akan menggelar Pilkades.

            “ Pada Pilkades tahun 2022 ini, diketahui ada 321 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 141.589 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk wilkum Sergai. Sementara untuk wilkum Tebing Tinggi di ketahui ada 135 TPS dan 59,554 DPT. Ini memerlukan dukungan semua pihak untuk saling bekerjasama dan bersinergitas dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Potensi-potensi kerawanan yang mungkin terjadi harus kita pelajari bersama dalam mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi berlangsung pada saat pelaksanaan Pilkades,” terang Sekdakab Faisal.

            Ia menambahkan, jika pelaksanaan Pilkades ini diharapkan agar masing-masing stakeholder terkait memahami tupoksi dan bertanggung jawab untuk mengawal terselenggaranya Pilkades Sergai  yang aman dan damai.

            Setiap tahapan Pilkades, sebut Sekda lagi,  harus dilaksanakan sebaik mungkin dan sesuai aturan agar tidak terjadi masalah, kita semua juga tidak menginginkan Pilkades diwarnai dengan keributan dan cacat hukum yang akhirnya menimbulkan kerawanan konflik dan kerawanan keamanan serta mengganggu ketertiban masyarakat.

            “ Saya berharap kepada semua pihak secara tekun dan aktif mengikuti perkembangan situasi dan tidak menganggap remeh masalah, sekecil apapun informasi sangatlah bermanfaat untuk kita kaji, pelajari dan klarifikasi sehingga dapat diantisipasi secara dini. Semoga pelaksanaan Pilkades di Sergai dapat terlaksana dengan sukses dan sesuai peraturan perundangan yang berlaku, semoga Allah SWT, senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahNya bagi kita semua,” tutupnya.

            Dikesempatan yang sama, Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud, S.IK, M.IK menyampaikan jika rapat ini rencananya akan kita lanjutkan kembali pada minggu depan. Sedangkan pada tingkat Polda sebulan sebelum gelaran Pilkades rancangan percobaan (rancob) harus sudah selesai dilaksanakan.

            “ Agar pelaksanaan Pilkades lebih berkualitas, salah satu syaratnya adalah dari segi keamanan, karena para pemilih berharap adanya rasa aman dan tenang. Setelah terciptanya rasa aman maka Pilkades dapat dikatakan berkualitas,” ungkap Kapolres Sergai sembari menambahkan jika pengamanan pada setiap TPS akan ditugaskan 2 (orang) dari jajaran kepolisian.

            Sementara itu Ketua DPRD dr. M Riski Ramadhan Hasibuan, S.H, SE, M.K.M menyampaikan jika rencana kedepan pihaknya akan menggelar rapat khusus untuk merumuskan anggaran sebagai acuan dalam pelaksanaan Pilkades.

            “ Semoga pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan aman dan damai serta melahirkan pemimpin berkualitas di desa,” tandasnya.

            Hadir juga dalam rakor, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nina Deliana, S.Sos, M.Si, OPD terkait, para Camat serta jajaran Polres Sergai. (MC Sergai)

Teks /Editor : Rini Ry

Liputan : Irfan Yuanda

Admin : Julia

640 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *