Di Konfercab PWI, Bupati Sergai Harap Sinergi Bangun Sergai

Sei Rampah,

            Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya hadir dalam kegiatan Konferensi Cabang (konfercab) PWI Kabupaten Sergai tahun 2021, yang dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (12/1/2021).

            Membuka sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan jika kegiatan hari ini tentu saja bernafaskan semangat untuk mewujudkan kehidupan pers yang tidak hanya merdeka, namun juga profesional, bermartabat serta menjamin terpenuhinya hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar.

            “ Sebagai pemimpin eksekutif tertinggi di Kabupaten Sergai, saya menyadari betul peran dan fungsi pers dalam usaha dan perjuangan untuk membangun Serdang Bedagai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” ucapnya.

            Sebagai salah satu wadah pers terbesar nasional, Bupati mengatakan eksisnya PWI di Sergai ini tentu sangat penting untuk menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan PWI adalah wartawan yang profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik. Ia juga mengatakan, wartawan yang tergabung dalam PWI adalah wartawan berkompeten dan profesional serta dilindungi oleh undang-undang dan Dewan Pers.

            “ Karena itu saya mengajak seluruh rekan-rekan pers untuk ikut membangun Sergai dengan kerja jurnalistik yang berkualitas. Saya berharap rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam PWI juga dapat senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen tinggi dalam perannya sebagai salah satu unsur penting pondasi pembangunan kabupaten yang dijalankan secara demokratis. Tentunya semua ini bisa berjalan lewat implementasi kode etik jurnalistik, demi menciptakan citra pers PWI yang positif, kredibel dan memiliki integritas,” lanjutnya.

            Bupati berharap kerja jurnalistik yang baik di Sergai bisa menjadi sumber referensi penting bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang berbobot, mengingat saat ini salah satu tantangan terbesar yang dihadapi adalah masifnya informasi yang sumbernya tak bertanggung jawab dan kontra produktif terhadap semangat mengedukasi publik, seperti hoaks, berita bohong, disinformasi dan semacamnya.

            Selanjutnya, Bupati juga berpesan agar kegiatan hari ini yang juga dirangkaikan dengan konferensi cabang pemilihan ketua PWI Kabupaten Sergai untuk masa bakti 2021-2024, semoga menjadi kesempatan untuk memilih pemimpin yang terbaik yang akan menahkodai organisasi PWI Sergai untuk tahun-tahun yang akan datang dalam perjuangannya sebagai wadah pejuang informasi.

            “ Semoga Ketua PWI yang terpilih nanti dapat melanjutkan kinerja yang sudah baik dari pemimpin sebelumnya dan meningkatkan aspek yang mungkin masih bisa terus dimaksimalkan. Saya berharap PWI Sergai dapat terus menjalin sinergi yang erat bersama dengan pemerintah terutama perannya dalam mengedukasi dan sebagai kontrol sosial demi menjadikan Sergai yang Maju Terus,” tandasnya.

            Di momen yang sama, Ketua PWI Farianda Putra Sinik, menyampaikan apresiasi atas perhatian Pemkab Sergai terkhusus kepedulian Bupati Darma Wijaya, terhadap insan media di Sergai.

            “ Saya harus akui, Bang Wiwiek ini pemimpin yang dekat dengan jurnalis. Ini dibuktikan dengan sambutan istimewa yang diterima PWI dalam konferensi pada hari ini. Jarang-jarang kami mengadakan acara langsung di area Kantor Bupati,” puji Farianda.

            Kemudian, dirinya berharap dalam kesempatan ini pada akhirnya dapat terpilih pemimpin yang kompeten untuk membawa PWI Sergai secara khusus dan PWI Sumut secara umum jadi yang terbaik se-Indonesia.

            “ Saya juga berharap, para wartawan yang tergabung dalam PWI dapat mengutamakan kompetensi dan pendidikan agar kualitas jurnalistik dapat semakin meningkat dan berkualitas,” tandasnya.

            Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Ketua PWI Kabupaten Sergai untuk masa bakti 2021-2024. Pada periode kali ini terpilih Edy Syahputra sebagai Ketua PWI sekaligus sebagai Ketua Formatur yang nantinya akan memilih susunan kepengurusan dalam jangka waktu 1 minggu sejak dilantik.

            Hadir dalam kegiatan ini Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Erfin Fahrurrazi, S.STP, M.Si, serta para anggota PWI Kabupaten Sergai. (MC Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan Yuanda / Jepri Alamsah

Admin : Julia

511 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *