Tandatangani SPKS, Kemitraan Pemkab Sergai Dengan Media Resmi Dijalin

Sei Rampah,

Sebagai upaya dalam diseminasi informasi terkait program, kegiatan serta kebijakan yang dijalankan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menjalin kemitraan dengan media massa. Hal ini ditandai dengan telah dilakukannya penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPKS) antara Pemkab Sergai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Media, bertempat di Ruang Data Center Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (13/1/2022).

“ Dalam hal ini Pemkab Sergai menjalankan fungsi strategisnya sebagai corong informasi kabupaten. Untuk mendukung hal ini tentu dibutuhkan sinergitas dengan lembaga media massa untuk menunjang kinerja publikasi. Tentang hal-hal baik yang sudah maupun yang belum dilakukan,” kata Kadis Kominfo Sergai Drs H Akmal, AP, M.Si, usai melakukan penandatanganan SPKS dengan pihak media.

Kadis Kominfo Sergai menyebut, bahwa kerjasama ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Bupati Perbup) Serdang Bedagai Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pedoman Kerjasama Publikasi Pemkab Sergai dengan Media Massa. Melalui Perbup ini, lanjutnya, Dinas Kominfo Sergai melakukan pembukaan pendaftaran kerja sama publikasi secara terbuka dengan berbagai media ragam platform, baik harian, mingguan, online dan elektronik, lewat aplikasi Registrasi Online Media Masa di Sergai (ROMS) yang bisa diakses di roms.serdangbedagaikab.go.id.

“ Ini melanjutkan mekanisme periode lalu yang juga dilaksanakan lewat registrasi online di ROMS. Kemudian dari hasil pemeriksaan kelengkapan berkas yang dilakukan oleh tim ROMS, akhirnya terjaringlah sebanyak 104 media. Rinciannya, media cetak harian sebanyak 10 media, mingguan 6 media, TV/eletronik 5 media dan online sebanyak 83 media,” ucapnya.

Media yang memenuhi ketentuan ini, sebut Kadis Kominfo, kemudian diundang untuk menandatangani Surat Perjanjian Kerja Sama (SPKS) di Dinas Kominfo.

“ Dalam SPKS ini termuat semua ketentuan kerja sama yang akan dijalin antara Pemkab Sergai dengan perusahaan media,” ucap Kadis Kominfo lagi.

Dirinya juga menyebut jika media yang menjalin kerja sama dengan Pemkab Sergai tidak hanya wartawan lokal Sergai, namun juga berasal dari daerah lain, untuk menambah jangkauan siar informasi.

Akmal mengatakan, mengingat situasi pandemi masih belum berakhir, penadatangan SPKS ini dilaksanakan secara bertahap dengan membagi waktu dan jumlah perwakilan media yang hadir.

“ Kita harapkan, kerja sama yang terjalin ini bisa membentuk sinergitas media massa dengan Pemkab Sergai dalam publikasi kegiatan pembangunan yang saat ini masif dilaksanakan oleh Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan,” tandasnya. (MC Sergai).

Teks/ Editor : Ardi/Rini Ry

Admin : Vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *