Sergai Punya Wisata Pemandian Alam “ Perbahingan “

Kali ini mimin dan team Ini Sergai Loh akan membahas wisata alam yang ada di Kecamatan Kotarih. Masih bicara soal keindahan alam yang ada di Serdang Bedagai (Sergai), yang satu ini juga tak kalah menariknya dari wisata pemandian Batu Nongol. Namanya wisata pemandian Perbahingan. Wisata alam yang akan  banyak kita temukan bebatuan.

            Wisata pemandian alam Perbahingan yang berlokasi di Desa Perbahingan Kecamatan Kotarih Kabupaten Sergai, Sumatera Utara. Kecamatan Kotarih hanya memiliki 11 wilayah administratif desa, tetapi ragam wisata alam di Kotarih, seperti sungai, air terjun cekungan di bantaran sungai, pemandian alam di batu jalur, wahana swafoto, jembatan gantung yang tersaji di Kecamatan Kotarih. Pemandian menjadi destinasi akhir pekan bagi masyarakat, salah satunya yang lagi ramai dikunjungi adalah wisata alam pemandian Perbahingan.

            Tempat wisata pemandian Perbahingan sangat bagus, selain itu biaya yang diperlukan untuk menikmatinya juga sangat murah, tak perlu merogoh gocek dalam-dalam. Pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sekitar Rp 5000 belum termasuk parkir kendaraan. Mulai dari orang dewasa, remaja dan anak-anak pasti akan menyukai tempat wisata ini, karena wisata alam yang memang sangat indah, sejuk dan tentu masih alami. Biaya tersebut sudah termasuh tiket ke area pemandian alam yakni Sungai Buaya (batu jalur) dan spot swafoto. Destinasi wisata ini menawarkan aneka atraksi menarik, seperti air terjun dan pemandian alam.

            Dilansir dari medan.tribunnews.com, untuk menuju ke wisata pemandian Perbahingan ini, para wisatawan bisa melalui jalur dari Medan masuk dari jalur jalan Galang Lubuk Pakam, Deli Serdang, sementara untuk yang berlokasi di kota Sei Rampah, Tebing Tinggi dan sekitarnya bisa masuk dari jalur Dolok Masihul.

            Nah, di sepanjang perjalanan pengunjung akan menemukan simpang Brigif Rimba Raya atau simpang Tugu Sangkur. Jarak dari simpang Brigif Rimba Raya sampai ke lokasi wisata pemandian Perbahingan sekitar lebih kurang 13 km, jika diakses ke lokasi wisata sekitar 70 km dari kota Medan. Perjalanannya juga bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Disarankan untuk berhati-hati selama menggunakan jalur kendaraan, karena tempat menuju wisata ini banyak ditemukan galian pertambangan terbuka sehingga mempengaruhi prasarananya.

            Wisata alam pemandian Perbahingan ini merupakan tempat wisata yang baru dikembangkan oleh warga lokal melalui program desa inovatif, namun tetap saja banyak pengunjung yang berdatangan dari daerah itu sendiri maupun dari luar daerah. Kondisi bebatuan yang bertingkat tentu semakin menambah keindahan wisata ini, bebatuan yang membentang tampilannya seperti ditata rapi oleh alam, sehingga pengunjung betah berlama-lama berada di pemandian Perbahingan dan mengabadikan fotonya.

            Banyak dari pengunjung yang berdatangan ke pemandian Perbahingan ini pada saat cuaca cerah atau musim panas, karena pada saat musim panas air sungai akan terlihat jernih. Berbeda dengan pada saat musim hujan maka air sungai akan terlihat keruh dan tidak menyegarkan, tentu ini berpengarug terhadap kualitas air sungai tersebut. Di sini juga sangat cocok untuk tempat liburan bersama keluarga. Disarankan bagi orang tua yang membawa anak-anak tetap harus waspada, karena kondisi sungai yang bebatuan membuat keadaan sungai menjadi licin. Akses jalan menuju wisata ini juga cukup baik.

            Ini juga bisa menjadi alternatif buat kita untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga yang bisa kita nikmati terutama di akhir pekan, karena wisata pemandian alam ini pasti akan ramai dikunjungi wisatawan….(berbagai sumber/ISL).

1.944 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *