Lewat Program GAK, Pemkab Sergai Salurkan Insentif Kepada Ratusan Guru Sekolah Minggu

Sei Rampah,

Kesungguhan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam mengayomi seluruh golongan terlihat di banyak kesempatan, salah satunya dalam meningkatkan kesejahteraan para perangkat agama.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya saat menerima kunjungan Pengurus Gerakan Aksih Kasih (GAK) Pemkab Sergai, yang diwakili Ketuanya Drs. Fajar Simbolon, M.Si, yang juga merupakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sergai, di ruang kerja Bupati, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (17/2/2022).

Membuka sambutannya, Bupati menyebut program GAK ini merupakan sesuatu hal yang sangat positif karena merupakan bentuk sinergi bersama dalam meningkatkan kesejahteraan kelompok masyarakat yang membutuhkan.

“Bagi ASN yang muslim, program yang sama juga sudah berjalan lewat Gerakan Amal Saleh (GAS). GAS sudah disalurkan atau diberikan untuk membantu penghasilan guru mengaji, bilal mayit dan penggali kubur,” katanya.

Serupa dengan besaran alokasi GAS, program GAK juga mewajibkan potongan 2.5% dari tunjangan ASN Pemkab Sergai yang beragama Kristen setiap bulannya.

“Saya mengapresiasi kinerja pengurus GAK yang sudah menyalurkan dengan baik dana yang diperoleh dari ASN kepada kelompok masyarakat yang menjadi sasaran, terutama para Guru Minggu. Semoga program ini bisa terus berlanjut dan berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sergai,” tandasnya.

Sementara itu dalam laporannya, Fajar Simbolon merinci selama kurun waktu 2021, sudah ada 349 Guru Sekolah Minggu se-Sergai yang menerima insentif dengan besaran 1,2 juta rupiah. Insentif ini, sebutnya, bersumber dari Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) 1.960 ASN Kristen di 47 OPD.

“Tahun lalu sudah diimplementasikan per triwulan dan dananya langsung masuk ke rekening penerima. Total dana GAK yang terkumpul mencapai 1 Miliar rupiah,” jelas Fajar.

Ia menambahkan, selain untuk insentif, dana GAK juga dialokasikan ke beberapa sektor seperti pemugaran dan rehab rumah ibadah, rumah dinas pendeta, dan juga untuk memeriahkan hari besar umat Kristiani.

“Tahun lalu lewat dana GAK, 7 rumah ibadah gereja yaitu Gereja HKBP Petuaran Kecamatan Perbaungan, HKBP Sei Priok, HKI Sei Baru, GKPI Belidaan, GKPI Sei Rampah, gereja Ressort Kampung Pon, dan Gereja Ressort Bandar, bisa mendapat bantuan. Bantuan juga disalurkan kepada rumah dinas GKPS Ressort Lubuk Pakam Perbaungan,” terangnya.

Terakhir, dia menyebut di tahun ini jika memungkinkan jumlah Guru Minggu akan bertambah, tentunya sesuai dengan rekomendasi dari pihak gereja.

“Penerimaan guru sekolah minggu ini akan melewati mekanisme yang jelas sehingga akan melibatkan Camat dan pihak berwenang setempat,” tandasnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Tim Media Komunikasi Pimpinan

Admin : Julia

1.403 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *