Di Rapimwil IWO Sumut, Wabup Sergai Harap Pererat Sinergi Pemerintah-Wartawan

Pantai Cermin,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, hadir dalam pembukaan Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatra Utara yang dirangkaikan dengan kegiatan vaksinasi, di Themepark Pantai Cermin, Jumat (25/3/2022).

Membuka sambutannya, Wabup Sergai menyebut kalau untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius, tentu harus didukung sinergitas dari berbagai elemen, salah satunya adalah unsur media yang berperan dalam menyebarluaskan informasi pembangunan kepada masyarakat.

“Selain itu fungsi media juga sebagai kontrol sosial maupun wadah untuk sumbang saran dan kritik demi kemajuan Tanah Bertuah Negeri Beradat,” ucapnya.

Dalam hal ini Wabup meyakini jika pers juga memiliki peran penting dan strategis dalam berbagai dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kemudian ia menyebut pers juga bisa menjadi penyalur aspirasi yang efektif dan sebagai sarana membangun kehidupan masyarakat sekaligus menyampaikan informasi yang cerdas dan kritis seperti yang tertuang dalam UU No. 40/1999 tentang Pers.

“Keberadaan organisasi IWO di Sergai ini memang sudah diakui telah membawa dampak positif bagi pembangunan daerah lewat informasi yang dipublikasikan di berbagai media online,” tuturnya.

Oleh karenanya, Wabup berharap agar IWO juga dapat bersinergi dengan organisasi kewartawanan yang lain untuk bersma-sama mewujudkan Sergai yang Maju Terus.

Di kesempatan ini Wabup menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama dalam membantu menyebarluaskan informasi pembangunan di Sergai.

Dengan adanya dukungan dari rekan-rekan pers, Wabup mengaku hal tersebut dapat melengkapi pekerjaannya sehingga lebih optimal karena pihaknya menyadari keberhasilan pemerintah dan pembangunan perlu mendapat dukungan penuh dari media, baik dalam bentuk publikasi hasil pembangunan maupun berita-berita yang sifatnya membangun.

Terkhusus Adlin Tambunan juga menyinggung kegiatan yang sering dilakukan oleh IWO, salah satunya pelaksanaan vaksinasi yang sedang gencar-gencarnya digelar oleh Pemkab Sergai demi mencapai herd immunity.

Lewat aksi kegiatan vaksinasi ini, kiprah IWO sangat membantu kinerja pemerintah baik dari segi pelaksanaannya maupun pemberitaan kepada masyarskat sehingga menimbulkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya vaksinasi bagi kesehatan.

“Kedepan semoga hubungan yang terjalin baik selama ini dapat terus ditingkatkan untuk saling bersama-sama, bahu-membahu mendukung dan melaksanakan program pembangunan Kabupaten Sergai,” mintanya.

Terakhir dirinya menyambut baik dan mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini karena dapat meningkatkan kekompakan dan kebersamaan sekaligus meningkatkan pemahaman dan wawasan bagi wartawan yang tergabung dalam IWO baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi Sumatera Utara.

“Semoga setelah digelarnya rapat ini akan menghasilkan pokok pikiran yang dapat memajukan organisasi ini agar semakin sukses dan semakin jaya,” tandas Wabup.

Di kesempatan ini Penasehat dan Pembina IWO Sumut Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si menekankan pentingnya UU ITE. Berbeda dengan media cetak, mantan Gubernur Sumut ini menyebut wartawan yang tergabung di IWO beraktivitas di media berbasis online.

Ia mengingatkan agar wartawan benar-benar menghindari tindakan menyebarkan informasi keliru atau hoaks karena UU ITE sudah mengatur tentang informasi yang disebarluaskan melalui jejaring online.

“Wartawan harus benar-benar mengerti tupoksinya sehingga dapat membantu pemerintah maupun masyarakat dalam mencapai hasil yang ideal,” mintanya.

Sementara itu Ketua Pengurus IWO Sumut Yudistira Adi Nugraha, S.I.Kom berharap dalam kegiatan Rapimwil IWO ini dapat tercetus ide-ide inovatif.

“Kami berharap kawan-kawan dapat memberikan ide dan masukan supaya Rapimwil ini dapat hasil yang maksimal. Walaupun kita masih tergolong baru, tapi secara kualitas kita tidak bisa dipandang sebelah mata,” ucapnya.

Pada kesempatan ini hadir pulaWakapolres Sergai Kompol Sofyan, Kepala OPD Pemkab Sergai, Kabid PIP Diskominfo Provsu Harvina Zuhra, dan perwakilan pengurus IWO Kabupaten/Kota se-Sumut. (Media Center Sergai).

Teks /Editor : Ardi /Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *