Apel Gelar Pasukan Jelang Pilkades, Wabup Sergai Minta Seluruh Pihak Jaga Sinergitas

Sei Rampah,

Jelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 100 desa pada 16 Kecamatan di Serdang Bedagai (Sergai), berbagai persiapan aktif dilaksanakan. Tak terkecuali keamanan.

Ini dibuktikan ketika Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, ikut dalam Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Huta Toba 2022 Polres Sergai dan Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022 Kabupaten Sergai yang digelar di halaman Mapolres Sergai, Sei Rampah, Rabu (30/3/2022).

Wabup Sergai menekankan pentingnya menjaga diri demi menciptakan suasana kondusif dalam perhelatan pesta demokrasi tingkat desa ini.

“ Tentu kita berharap pelaksanaan Pilkades ini bisa berjalan lancar dan aman. Semua pihak mesti bersikap dewasa dan menahan diri agar tidak menimbulkan ekses-ekses negatif pada prosesnya,” ucap Adlin Tambunan.

Selain keamanan, dirinya juga meminta semua pihak aktif menjalankan protokol kesehatan (prokes) mengingat pandemi masih belum benar-benar usai.

“ Jangan lupa prokes dilaksanakan dengan disiplin. Intinya, laksanakan seluruh prosedur sebaik-baiknya. Kita ingin Pilkades kali ini berjalan dengan dukungan seluruh pihak. Sinergitas akan menentukan keberhasilan tiap rencana,” tandasnya.

Pada gelaran apel ini, Kapolres Sergai AKBP dr. Ali Machfud, SIK, MIK, meminta seluruh pihak yang tergabung dalam Satgas pengamanan dapat menjalankan tugasnya dalam hal penegakan prokes saat masyarakat menjalankan hak suaranya.

“ Sosialisasi dan penegakan prokes penting kali dilaksanakan. Ini akan menjamin bukan saja Pilkades yang demokratis namun tentunya juga aman dan nyaman,” ucap Kapolres.

 Dirinya menerangkan, ada 11 Kecamatan yang melaksanan Pilkades di wilayah hukum Polres Sergai. 11 kecamatan tersebut, ucapnya, terdiri dari 70 desa yang terbagi ke dalam 319 TPS.

Untuk personil yang akan dilibatkan, Ali Machfud menyebut akan menurunkan sebanyak 1.003 personil, yang antara lain terdiri dari 304 personil Polres Sergai, 20 orang Intel Polda Sumut, 100 personil Brimob, Samapta 130 personil, Bintara Remaja 230 Personil, dan Kodim 60 personil.

Kapolres menekankan betul agar dalam bertugas setiap personil mengutamakan profesionalitas, humanisme dan tindakan preventif.

“ Prosedurnya, seluruh senjata dititipkan di area logistik. Personil akan diberikan tongkat T, sedangkan komandan akan diperbolehkan membawa senjata tentunya sesuai dengan ketentuan yang ada,” ucapnya. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps / Tim Media

Admin : Julia

309 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *