TP-PKK Terima Kunjungan Tim Supervisi Provsu

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si menerima kunjungan Tim Supervisi Desa Pelaksana Tertib Administrasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Hatinya PKK dan IVA Test Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2022, bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (17/5/2022).

Dalam sambutan Bupati Sergai yang dibacakan oleh Asisten Pemum dan Kesra, berharap lewat pelaksanaan kegiatan ini, TP-PKK Kabupaten Sergai dapat melaksanakan komitmennya dalam rangka memberdayakan masyarakat menjadi lebih mandiri dan produktif.

Bang Wiwiek, sapaan akrab Darma Wijaya, menyebutkan jika para kader PKK dapat menggali informasi dan pengetahuan guna meningkatkan kapasitas yang semakin mumpuni khususnya dalam hal administrasi. Dengan harapan, setiap kader dapat meningkatkan mutu dan kredibilitas PKK di wilayahnya masing-masing.

 “ Mari kita jadikan PKK sebagai lembaga yang dapat diandalkan pemerintah. Kita harus menunjukkan kepada masyarakat jika TP-PKK mampu berkontribusi terhadap pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu dalam paparannya sekaligus laporan kegiatan, Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, menyampaikan jika PKK merupakan gerakan nasional dalam  pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah pengelolaanya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang sejahtera beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan YME, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, lahir dan batin.

Ketua TP-PKK Sergai melanjutkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum pelaksanaan 10 program pokok PKK dan pertanggungjawaban tugas dan fungsi serta sebagai bahan supervisi tim penilai tingkat Provsu.

Rosmaida kemudian menjelaskan, ada 10 Program Pokok PKK yaitu penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan kesehatan.

Di hadapan Ketua Tim Supervisi M. Nirwan Subhan Nasution, Rosmaida mengatakan dalam rentang waktu 2021-2022, TP-PKK telah melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya pembinaan lomba desa percontohan PKK kategori tertib administrasi, Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI), UP2K, hatinya PKK dan IVA Test, kemudian  melaksanakan pelatihan pengelolaan program dan penyuluhan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (LP3PKK) bagi TP-PKK kecamatan dan desa se-Kabupaten Sergai, pemberian bantuan dari OPD terkait, dan masih banyak lagi.

“Program kerja TP PKK-Kabupaten Sergai telah dilaksanakan dengan optimal dan program kerja yang belum terealisasi akan dilaksanakan secara bertahap. TP-PKK Kabupaten Sergai berupaya untuk mendapatkan  peringkat  terbaik  Provsu dan dapat mewakili Provsu di lomba tingkat Nasional,” tandasnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Ketua I TP-PKK Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, para Kepala OPD terkait, rombongan Tim Supervisi, para Camat dan Kepala Desa, serta kader PKK Desa dan Kabupaten. (Media Center Sergai).

Teks/Reporter : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

752 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *