Sambut BIAN 2022, TP PKK Sergai Gelar Sosialisasi Melalui Radio 92,5 Sergai FM

Sei Rampah,

Menyambut Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), berbagai persiapan telah dilakukan. Melalui TP PKK Kabupaten Sergai menggelar sosialisasi kepada masyarakat lewat Talk Show di Radio 92,5 Sergai FM, Senin (27/6/2022).

Ketua TP PKK Kabupaten Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya didampingi Ketua DWP Ny Uke Retno Faisal Hasrimy dalam sosialisasinya lewat saluran udara menyampaikan jika pelaksanaan imunisasi rutin dilaksanakan di tiap-tiap Posyandu yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Akan tetapi, lanjutnya lagi, sejak masa pandemi Covid-19 melanda negeri, kegiatan imunisasi di Posyandu kian menurun.

“ Penurunan imunisasi ini berdampak pada kesehatan anak. Berdasarkan data yang kami peroleh dari tingkat provinsi bahwa sebagian daerah di Indonesia mengalami peningkatan kasus Campak, Rubella dan Polio. Oleh karenanya pemberian imunisasi secara rutin ini merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus terus dilakukan secara berkelanjutan,” ujarnya sembari menyapa dengan ramah  para penggemar Radio Sergai FM.

Lebih lanjut dikemukakannya jika sasaran imunisasi BIAN ini ditujukan kepada anak berusia 9 bulan sampai 15 tahun. Untuk mempermudah masyarakat, nantinya tempat pelayanan imunisasi  akan digelar di seluruh Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah, dan Posyandu di desa. Sedangkan bentuk imunisasi BIAN diberikan berupa cairan tetes ke mulut anak, ujar Rosmaida sembari menjelaskan jika imunisasi Campak dan Rubella diberikan melalui suntikan.

Ia yang hadir di Studio Radio Sergai FM bersama jajaran Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo serta para penyiar menjelaskan, bahwa target capaian imunisasi BIAN di Tanah Bertuah Negeri Beradat masih dibawah target nasional yaitu sebesar 59 persen, masih jauh dari target yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 95 persen.

“ Jumlah anak di Sergai sebanyak 129.500 jiwa dan 123.025 jiwa merupakan target sasaran pemerintah pusat. Sementara itu di Sergai yang sudah tercapai masih 72.500 jiwa anak atau 59 persen, dan pemerintah pusat memperpanjang waktu pelaksanaan BIAN tahap I hingga tanggal 29 Juli 2022 mendatang,” kata Ketua TP PKK Sergai sambil menambahkan jika BIAN di Sergai termasuk dalam 10 besar di kabupaten/kota se-Sumut dengan kecepatan penerapan imunisasinya.

Diakhir penyampaiannya Hj Rosmaida mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para Kader PKK di seluruh desa yang ada di Sergai, untuk bersama-sama menggerakkan Posyandu agar segera tercapai imunisasi yang sudah ditargetkan oleh pemerintah pusat.

“ Ini harus segera kita lakukan, selain untuk mencapai target hingga 95 persen, yang lebih penting adalah menjadikan anak-anak Sergai lebih sehat dan bebas dari Campak, Rubella maupun Polio. Ke depannya kurun waktu dua minggu sekali setiap Posyandu akan buka pelayanan imunisasi bagi anak-anak Sergai,” pungkasnya.

Senada dengan Hj Rosmaida, Ketua DWP Ny Uke Retno Faisal Hasrimy turut mengimbau para orang tua untuk berperan aktif memberi imunissasi pada anaknya.

“ Ayo para ibu-ibu segera bawa anaknya ke Posyandu ya, untuk diimunisasi. Mari kita dukung program pemerintah pusat untuk menyehatkan anak bangsa. Anak sehat, anak cerdas, sehat Sergai ku sehat Indonesia ku. Bersama kita wujudkan Sergai yang Maju Terus,” ujarnya penuh semangat. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Hans Prawira

Admin : Vivi

489 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *