Sergai Jadi Lokasi KKN Tematik Ratusan Mahasiswa UISU

Sei Rampah,

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab) mengucapkan selamat datang, dan terima kasih atas kepercayaan Bapak Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) yang telah memilih Kabupaten Sergai sebagai tempat kuliah kerja nyata (KKN) tematik mahasiswa UISU.”

Kalimat tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, pada acara penerimaan sekaligus pelepasan mahasiswa/I KKN Tematik di Halama Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (12/7/2022).

Bupati Sergai menyampaikan, dirinya merasa gembira karena KKN ini sedikit banyak akan membantu masyarakat dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan ikut mencerdaskan masyarakat. Oleh karena itu pada kesempatan ini ia berharap kepada para mahasiswa/i UISU yang akan melaksanakan KKN dapat melakukan identifikasi masalah yang ada dalam masyarakat, sebagai bahan masukan bagi berbagai pihak untuk perbaikan pada masa mendatang.

Bupati yang dikenal publik dengan sapaan Bang Wiwik ini berpendapat, sebagai kaum intelektual dan pembaharu, mahasiswa/i harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan.

Menurutnya, dalam konteks ini diharapkan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan perguruan tinggi melalui kuliah kerja nyata dapat diorientasikan pada penyiapan mahasiswa/i sebagai sarjana pendamping masyarakat, diharapkan mahasiswa/i berperan aktif mengembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan atau enterpreneurship yang tangguh.

Para mahasiswa/i yang tentunya mempunyai banyak kelebihan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, harap Bang Wiwik, mampu meningkatkan atau menumbuhkan motivasi dan inovasi masyarakat untuk lebih maju dalam pembangunan ekonomi dan pendidikan dengan membantu menemukan peluang usaha yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat, serta menyusun program yang dapat dilaksanakan dan disesuaikan dengan kemampuan, kondisi dan situasi yang ada.

“Untuk melakukan berbagai upaya pembangunan di Sergai ini, dalam rangka mengejar berbagai ketertinggalan, kita akan terus berusaha melaksanakan berbagai program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mewujudkan visi mewujudkan Sergai yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tulis Bupati.

Untuk itu Bupati juga mengharapkan kepada seluruh mahasiswa/i uisu dapat memberikan kontribusi nyata membantu pemerintah dalam membangun kabupaten Sergai yang tercinta ini.

“Saya mengajak dengan semangat agar seluruhnya mengoptimalkan kompetensi, tugas, dan fungsi masing-masing dalam mewujudkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sergai,” tandasnya.

KKN Tematik ini diikuti oleh 287 mahasiswa dan akan disebar di 5 kecamatan yaitu Pantai Cermin, Pegajahan, Bintang Bayu, Sei Rampah, dan Teluk Mengkudu.

Kegiatan ini juga dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ir. Ahmad Buchori Nst, MT. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

611 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *