967 Orang Mahasiswa/i UNIMED KKN di Sergai

Sei Rampah,

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali mendapat kepercayaan dari institusi akademis. Kali ini Tanah Bertuah Negeri Beradat jadi lokasi kuliah kerja nyata (KKN) bagi 967 mahasiswa/i Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Drs. Nasrul Aziz Siregar menerima dan melepas mahasiswa KKN UNIMED ini di lapangan Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (25/7/2022).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Ekbang Nasrul Aziz, Bupati menyampaikan atas nama Pemkab Sergai, pihaknya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan Rektor UNIMED yang telah memilih Sergai sebagai tempat KKN mahasiswa/i-nya.

Ia menyebut, terlaksananya kegiatan ini sedikit banyak akan membantu meningkatkan pengetahuan, ikut mencerdaskan, dan menyejahterakan masyarakat.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini saya berharap kepada mahasiswa/i UNIMED yang akan melaksanakan KKN, dapat melakukan identifikasi masalah yang ada di masyarakat, sebagai bahan masukan bagi kami untuk perbaikan pada masa mendatang,” tulis Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Di samping itu, dirinya juga berharap pula agar para peserta KKN juga dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat, salah satunya dengan melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik.

Bupati Sergai pun meminta para mahasiswa/i dapat lebih meningkatkan kepedulian dan empati kepada permasalahan yang dihadapi masyarakat, sehingga mendorong terjadinya perubahan perilaku untuk menjadi lebih baik.

“Sebagai kaum intelektual dan pembaharu, mahasiswa/i harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan. Dalam konteks ini, diharapkan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan perguruan tinggi melalui KKN dapat diorientasikan pada penyiapan mahasiswa/i sebagai sarjana pendamping masyarakat,” jabarnya.

Di kesempatan ini, Bang Wiwik juga menyoroti peran mahasiswa/i dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Bupati berpesan agar mahasiswa/i berperan aktif mengembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan atau enterpreneurship yang tangguh.

Terakhir, Darma Wijaya berpesan kepada para mahasiswa/i KKN UNIMED untuk mendukung 7 program prioritas pembangunan Kabupaten Sergai tahun 2021-2026 yang disebut dengan “Sapda” atau “Sapta Dambaan”.

“7 program prioritas tersebut adalah sekolah mandiri, terampil, asri, dan berkualitas (Sekolah Mantab), Masyarakat sehat dan Religius, Pertanian mandiri dan berkelanjutan, Infrastruktur terintegritas, Ekonomi berdaya saing, Wisata maju terus, dan Birokrasi dambaan,” tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik UNIMED, Dr. Zulkifli Matondang, M.Si, melaporkan, ke 967 mahasiswa/i UNIMED yang menjalankan KKN di Sergai akan disebar ke 46 desa di 6 kecamatan. Ratusan mahasiswa/i ini, sebutnya, berasal dari berbagai latar belakang disiplin keilmuan atau prodi, baik sosial maupun eksakta.

Lewat kegiatan KKN ini, Zulkifli menyebut, para mahasiswa/i diharapkan dapat berkolaborasi dan bekerjasama untuk dapat melihat persoalan yang ada di desa sekaligus dapat berkontribusi mengatasi permasalahan tersebut.

Dia juga meminta agar pihak desa tempat para peserta KKN berkegiatan, dapat mengikutsertakan para mahasiswa/i yang sebelumnya masih berkutat pada alam teoritis, sehingga dapat lebih paham dimensi keilmuan praktis yang dapat mereka terapkan.

“Adik-adik kita ini adalah generasi milenial. Untuk itu jika desa tempat mereka mengabdi membutuhkan bantuan, seperti misalnya memperbaharui profil desa, maka mereka bisa dilibatkan. Selain itu, mereka juga bisa diikutsertakan membantu desa untuk mencari inovasi untuk pengembangan UMKM yang ada di Sergai,” ucapnya.

Kegiatan ini juga dihadari Kepala Kesbangbol M. Kahar Effendi, S.Sos, Kadis PMD Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si, perwakilan OPD terkait, para Camat, dan Dosen. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

132 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *