Bupati Sergai Apresiasi BPKP Provsu Atas Kemitraan Dalam Mendukung Tugas Pemerintah Daerah

Sei Rampah,

Untuk mencapai pengelolaan keuangan negara/daerah yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel, diperlukan pengendalian penyelenggaraan kegiatan pemerintah dengan berpedoman pada Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Hal ini disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya dalam sambutannya pada acara Strategi Pencapaian Tingkat Maturitas SPIP Terintegrasi Pemkab Sergai Level 3 Tahun 2022 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (25/7/2022).

Bupati menyebut, Badan Pengawasan  Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) selaku pembina penyelenggara SPIP, telah menyusun pedoman yang mengatur pelaksanaan penilaian atas maturitas penyelenggaraan SPIP.

“ Dengan terselenggaranya kegiatan ini, saya minta komitmen saudara Kepala Perangkat Daerah dan para Camat agar kooperatif dan sungguh-sungguh dalam membangun SPIP di unit kerja masing-masing,” pinta Bupati Darma Wijaya di hadapan Kepala BPKP Provsu Kwin Hatmaka,SE, MM, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat se-Sergai.

Menurutnya, melalui pengelola kinerja, mengimplementasikan pengendalian pada seluruh program dan kegiatan serta menyusun dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan pengelolaan resiko sehingga visi misi dan tujuan daerah dapat tercapai, ujar Bupati sembari berharap agar seluruh yang hadir dapat bersinergi agar keterbatasan-keterbatasan yang ada saling melengkapi serta menguatkan.

Diakhir sambutannya Bupati mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Perwakilan beserta tim BPKP Provsu atas semangat dan kemitraan dalam mendukung tugas-tugas pemerintah daerah antara lain; pemerintahan, pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat di Tanah Bertuah Negeri Beradat, pungkasnya.

Kepala BPKP Provsu Kwin Hatmaka dikesempatan serupa mengemukakan jika dalam penyelenggaraan pemerintahan perlu adanya pengendalian agar penyelenggara pemerintahan serta pengelola keuangan yang akan menopang program  kegiatan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“ Hal yang harus dilakukan adalah bagaimana sistem penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan peraturan. Selain itu bagaimana pemerintah daerah dapat mengoptimalkan peran serta fungsi dari aparat pemerintah daerah agar efektif dan efesien sesuai dengan tujuan organisasi,” katanya sambil berharap dalam pengendalian yang dilakukan dengan regulasi mencapai akuntabilitas keuangan dan kinerja yang lebih baik lagi.

Usai acara dilakukan penandatanganan komitmen bersama penyelenggaraan SPIP dengan karakteristik level 3 oleh Bupati Darma Wijaya, Sekda Faisal Hasrimy, OPD terkait dan Kepala BPKP Provsu Kwin Hatmaka,SE, MM. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

576 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *