Aktif Jalin Silaturahmi dan Koordinasi, Bupati Sergai Kembali Terima Audiensi dari Berbagai Pihak

Sei Rampah,

Sebagai kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, audiensi menjadi sarana keduanya untuk menjalin silaturahmi dan koordinasi dengan berbagai pihak.

Namun Audiensi yang dilaksanakan pada hari ini, Selasa (9/8/2022), di ruang kerja Bupati Sergai, Sei Rampah, terlihat istimewa. Hal itu karena Bupati Sergai menerima audiensi dari pemuda-pemudi Sergai berprestasi yang membawa nama daerah harum di berbagai level.

Pada giliran pertama, Bupati menerima audiensi Agung Prastio. Pemuda yang masih menempuh pendidikan di Universitas Sumatera Utara (USU) ini hadir untuk meminta doa dan dukungan Pemkab Sergai kepada dirinya yang saat ini sedang berkompetisi di ajang Dangdut Academy 5 2022.

Permintaan ini langsung ditanggapi baik oleh Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati. Ia menegaskan, jajaran Pemkab Sergai siap memberi dukungan terbaik bagi Tio, panggilan Agung Prastio.

“Selamat kepada Tio yang mampu menyisihkan banyak peserta untuk masuk ke ajang tingkat nasional. Tapi pesan saya, jangan lekas berpuas diri. Dan yang tak kalah penting, terus berlatih. Tingkatkan kemampuan,” ucap Bupati.

Sebelumnya di hadapan Bupati, Tio menyampaikan kalau dirinya berhasil menerima golden ticket saat menjalani audisi di Jakarta. Pria berusia 23 tahun ini juga mengatakan dalam waktu dekat akan berangkat ke Jakarta dan mulai menjalani kompetisi yang disiarkan pada bulan September mendatang.

“Saya berharap doa dan dukungan Pemkab Sergai dan masyarakat Sergai seluruhnya. Mudah-mudahan saya bisa membawa harum nama daerah lagi,” harapnya. Tio sebelumnya juga mampu meraih prestasi di ajang Festival Seni Qasidah Nasional Tahun 2021 di Lombok. Dalam ajang tersebut dirinya berhasil meraih peringkat ke dua dalam kategori Bintang Pop Vokalis.

Audiensi kemudian dilanjutkan pertemuan Bupati dengan Muammar Habibila dan para atlet National Paralimpic Comite (NPC) Sergai.

Di kesempatan ini, Bang Wiwik menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih oleh atlet NPC Sergai yang mewakili Kontingen Sumut di perhelatan Asian Para Games (APG). Pujian khusus disampaikan Bupati kepada Abil, panggilan akrab Muammar Habibila. Hal itu sebab dirinya sukses membawa pulang 2 medali emas dan 2 medali perak dalam ajang APG, yang dihelat di Solo, Jawa Tengah, 30 Juli-6 Agustus lalu.

Bang Wiwik menyampaikan selamat dan apresiasi tinggi atas prestasi tingkat internasional yang diraih Abil.

“Prestasi Abil ini jelas kami apresiasi. Karena yang ia bawa bukan nama Sergai saja, tapi negara Indonesia di tingkat internasional. Abil ini jadi bukti kalau kekurangan yang kita miliki bisa jadi kelebihan yang sangat berarti kalau kita punya kegigihan dan ketekunan dalam menjalani latihan. Kuncinya, kita jangan patah semangat dan terus berdoa,” pesan Bupati Sergai.

Sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya, Bupati menyebut jika pihaknya akan memberikan uang tunai sebesar 50 juta kepada Abil.

Sementara itu Ketua NPC Sergai Guntur menyebut saat ini pihaknya mengalihkan fokus ke ajang PON 2024 yang rencananya akan dihelat di Sumut dan Aceh.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah memberikan perhatian kepada para atlet para-atletik Sergai yang berprestasi,” ucapnya.

Masih di hari yang sama, Darma Wijaya juga kedatangan Wardatun Hasanah. Gadis berusia 18 tahun ini baru saja jadi satu-satunya perwakilan Sergai yang terpilih meraih beasiswa dari Aliansi Perguruan Tinggi Budan Usaha Milik Negara (APERTI-BUMN). Wardatun pun selanjutnya akan menempuh pendidikan di Telkom University, Bandung, pada prodi Ilmu Komunikasi.

Atas capainnya itu, Bupati pun memberi selamat dan memuji keberhasilan Warda dalam melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi ternama lewat program beasiswa yang cukup bergengsi. Tentu capaiannya ini tidak mudah karena mesti bersaing dengan calon penerima lain dari seluruh Indonesia.

“Terus giat belajar. Raih prestasi terbaik. Dan pesan saya untuk Warda, kalau lulus nanti usahakan jadi orang yang bisa membuka lapangan pekerjaan,” minta Bang Wiwik.

Terima Audiensi Bumdes, dan GP Ansor

Selanjutnya audinesi Bupati beralih dengan menerima kunjungan pengurus BUMDes Cita Manis, yang berasal dari Desa Citaman Jernih, Kecamatan Perbaungan. Audiensi ini beragendakan permohonan bantuan hibah kendaraan angkut barang dari Pemkab Sergai untuk digunakan oleh BUMDes Cita Manis.

Menanggapi hal tersebut, Darma Wijaya menyebut jika nantinya hibah diberikan agar disikapi dengan bertanggungjawab oleh pihak BUMDes sebagai penerima.

“Kalau nanti mobil hibah diberikan pemerintah, jangan lantas setelah itu tak acuh sehingga tidak melakukan perawatan. Apa yang diterima agar dijaga dengan baik. Jadi nanti kalau usaha sudah berkembang, bisa membeli mobil sendiri, aset hibah bisa dialihkan ke BUMDes atau desa lain yang membutuhkan,” ucap Bupati mengingatkan.

Sebelumnya Kepala Desa Citaman Jernih, Lian Lubis, menyampaikan permohonan kepada Pemkab Sergai untuk hibah kendaraan angkut dan barang bekas.

“Nantinya agar bisa dimanfaatkan oleh pihak BUMDes dan untuk memberdayakan UMKM lokal. Tujuannya tentu demi meningkatkan perekonomian masyarakat desa kami,” katanya.

Pada audiensinya yang terakhir, Bupati Sergai menerima Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Sergai. Kunjungan GP Ansor ini berkenaan dengan rencana memberangkatkan 100 orang anggota GP Ansor untuk menghadiri Pelantikan Pengurus GP Anshor Sumut periode 2022-2027 di TB Center, 19 Agustus mendatang di Balige, Kabupaten Toba. Selain itu dalam audiensi ini juga disampaikan rencana pelantikan PC GP Ansor Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai mengungkapkan, Kabupaten Sergai memiliki kedekatan dengan GP Ansor karena Wakil Bupati Adlin Tambunan merupakan Ketua PW GP Ansor Sumatra Utara (Sumut).

“Saya harap GP Ansor dan Banser dapat menjadi organisasi pemuda yang menyatukan. Kalau ada perpecahan, saya berharap GP Ansor bisa hadir untuk menjadi penengah dan yang merangkul,” pesan Bang Wiwik.

Terkait rencana pelantikan PC GP Ansor Kabupaten Sergai, Bupati berharap acaranya dapat dilaksanakan dengan sederhana tapi bermakna.

“Libatkan juga pihak media supaya kegiatan ini nantinya mendapat publikasi yang layak sehingga masyarakat tahu,” tambahnya.

Sekretaris PC GP Ansor Sergai Joko Sulistio, S.Pd.I, M.Pd, sebelumnya menyampaikan ini merupakan audiensi resmi pertama pihaknya dengan Pemkab Sergai. Ia menjelaskan kalau salah satu tujuan audiensi ini adalah meminta dukungan Pemkab Sergai pada kegiatan Pelantikan Pengurus GP Anshor Sumut periode 2022-2027.

“Kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas,” ucapnya.

Rangkaian audiensi ini dihadiri antara lain oleh Kaban Kesbangpol M. Kahar Effendi, S.Sos, pengurus dan perwakilan masing-masing organisasi/pihak, dan perwakilan OPD terkait. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps/ Irfan YE

Admin : Julia

 

 

630 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *