Safari Salat Jumat, Sarana Lebih Dekat Dengan Masyarakat Sergai  

Sei Rampah,

Safari Salat Jumat sudah menjadi aktivitas yang rutin ditunaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya. Kegiatan tersebut berlanjut pada Jumat di Minggu kedua Agustus (12/8/2022). Bersama dengan Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Bupati menjalankan agenda Safari Salat Jumat kali ini di Masjid Al Istiqomah, Dusun IV Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

Selain untuk menunaikan kewajiban agama, Bupati Sergai mengatakan Safari Salat Jumat ini juga digunakan sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat di seluruh wilayah Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“ Safari ini kami laksanakan demi memperkuat jalinan silaturahmi dengan masyarakat. Dengan turun langsung, warga jadi mengenal dan bisa bertegur sapa dengan Bupati dan Wakilnya selaku kepala daerah di Sergai,” ucap pria yang punya panggilan akrab Bang Wiwik ini.

Selain itu, Darma Wijaya berujar, berkat interaksi aktif dengan masyarakat, dirinya dan Wabup bisa mengetahui dengan jelas kondisi di lapangan. Kesempatan ini menjadi semacam wadah untuk mendengar masukan dari rakyat yang ia pimpin. Nantinya hal tersebut bisa dijadikan referensi untuk mengambil kebijakan yang tentunya bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“ Safari Salat Jumat ini adalah bentuk nyata kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Selanjutnya Bang Wiwik menyebut, Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat di bawah kepemimpinannya dan Wabup Adlin Tambunan, menjadikan Sergai yang “religius” sebagai salah satu visi yang diusung. Hal ini, lanjutnya, tampak dari berbagai kebijakan yang diambil demi mewujudkan Sergai yang religius, selain tentunya mandiri dan sejahtera.

“ Salah satu program andalan yang kami keluarkan adalah santunan bagi perangkat keagamaan seperti bilal mayit dan guru mengaji. Program ini dijalankan dengan mengikutsertakan seluruh ASN beragama Islam di Pemkab Sergai,” tutur Bupati.

Ia menjelaskan, program yang dinamai Gerakan Amal Saleh (GAS) ini dilaksanakan dengan sistem zakat sebesar 2.5% yang dipotong dari TPP ASN. Nantinya dana yang terkumpul akan dikelola bekerjasama dengan BAZNAS Sergai.

“ Kemudian zakat akan disalurkan kepada bilal mayit dan guru mengaji per semester atau dua kali dalam satu tahun. Ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap dedikasi dan kerja ikhlas mereka,” ungkap Bang Wiwik.

Safari Salat Jumat kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama jamaah masjid. Hadir mengikuti kegiatan antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, MAP, Kadis Lingkungan Hidup Hedi Novria, SH, Kadis PUPR Johan Sinaga, SE, MAP, Sekretaris DPRD Drs. H. Suprin, MM, Plt. Camat Sei Rampah Hendra Damanik, S.STP, Kades Firdaus Suherwin, serta jamaah masjid dari masyarakat sekitar. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Admin : Vivi

876 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *