FGD Bahas Rencana Induk SPBE Untuk Wujudkan Birokrasi Sergai yang Kapabel

Sei Rampah,

Sebagai upaya dalam mewujudkan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama rekanan dari APTIKOM Medan menggelar Focus Group Discussion (FGD) secara virtual yang membahas draft rencana induk SPBE Kabupaten Sergai tahun 2022 di Ruang Data Center Kantor Dinas Kominfo Sergai di Sei Rampah, Rabu (31/8/2022).

Kadis Kominfo Sergai Drs H Akmal AP M.Si menyebut jika penyelenggaraan SPBE ini dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Hal ini sudah tertuang dalam Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Dalam implementasinya, lanjut Akmal, SPBE lebih memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga ada kesempatan bagi pemerintah daerah untuk lebih mengembangkan inovasi pembangunan serta memberi peluang dalam mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik.

“ Perlu disadari bahwa pentingnya peran SPBE untuk mendukung semua sektor pembangunan. Oleh karenanya, untuk mencapainya tentu perlu menerbitkan peraturan sebagai dasar dari pelaksanaanya,” terang Akmal.
Tak hanya itu, penerapan SPBE di tahun ini tentu menyimpan harapan yang besar yaitu mencapai visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus sesuai yang tertuang dalam Sapta Dambaan (Sapda) yaitu birokrasi kapabel (birokrasi dambaan).

Dalam kesempatan itu, Kadis Kominfo yang hadir didampingi Sekretaris Mhd. Fadhil Isa, S.STP, M.Si meminta kepada unsur terkait seperti Bagian Organisasi dan Inspektorat Sergai agar dapat memberikan saran dan masukan demi kesempurnaan rencana induk SPBE yang sedang digarap saat ini.

Sedangkan Muhammad Iqbal dari pihak APTIKOM menyampaikan jika rencana induk yang sedang digodok saat ini telah disesuaikan dengan kebutuhan Pemkab Sergai.

“Apa-apa saja yang tertuang dalam rencana induk ini tentunya tak terlepas dari visi misi dalam Sapta Dambaan. Kami tentu akan menyesuaikan dengan kebutuhan sehingga penerapannya nanti dapat berjalan dengan baik dan maksimal,” tutupnya.

Hadir dalam FGD tersebut, Kabag Organisasi Kusmin, M.Pd beserta staf dan jajaran Dinas Kominfo Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

462 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *