UPT. Puskesmas Sialang Buah Terus Berupaya Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Sejak diresmikan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP pada 11 Januari 2022 lalu, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Sialang Buah, di Kecamatan Teluk Mengkudu terus melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Bukan hanya infrastruktur jalan, jembatan maupun irigasi saja yang terus digenjot, namun Pemkab Sergai dibawah komando Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan juga menjadikan pembangunan infrastruktur kesehatan sebagai salah satu prioritas dalam mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

“ Dengan adanya bangunan baru UPT Puskesmas Sialang Buah ini, pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih maksimal dan prima. Kemudian kepada tenaga medis dapat menjalankan tugas pelayanan kesehatan masyarakat, terkhusus warga Kecamatan Teluk Mengkudu, dan kepada masyarakat Sergai secara umum,” kata Wabup usai peresmian puskesmas pada awal Januari lalu.

 

Wabup berharap semoga ini bisa menjadi motivasi bagi para tenaga medis untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Terpenting, kita melayani dengan adil tanpa membedakan status warga yang datang. Semua orang harus diperlakukan sama dan adil, pungkasnya.

Ragam kegiatan terus dilakukan diantaranya, melakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis berkolaborasi dengan unsur pemerintahan kecamatan dan desa maupun institusi Polri.

Terhitung di awal tahun 2022, UPT Puskesmas Sialang Buah terus melaksanakan kegiatan seperti menggelar pengobatan gratis keliling desa sebagai upaya pencapaian program Sapta Dambaan (Sabda) untuk mewujudkan masyarakat sehat.

Dilansir dari Kompasiana.com, Kepala UPT. Puskesmas Sialang Buah dr. Sri Eva Purba disela-sela aktivitasnya menyampaikan jika kegiatan pengobatan gratis akan terus berjalan dengan target memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Teluk Mengkudu.

“ Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi desa yang menjadi sasarannya. Tim UPT. Puskesmas Sialang Buah melayani pengecekan pemeriksaan kesehatan umum, pengecekan gula darah, pengecekan asam urat dan kolesterol, serta menyediakan obat-obatan yang diperlukan oleh masyarakat,” terangnya sembari menambahkan kalau jajarannya juga membuat program senam prolanis, sebagai bentuk pemenuhan kesehatan tubuh.

Ia pun berharap kehgadiran UPT Puskesmas Sialang Buah dapat menambah semangat seluruh personil dalam bekerja memaksimalkan potensi dengan mengedepankan profesionalitas dalam memberi pelayanan bagi masyarakat.

“Program ini tentu untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat dalam bentuk pelayanan kesehatan prima. Sebagai petugas medis, kami diberi amanah untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat Teluk Mengkudu, mulai dari pencegahan hingga pengobatan. Dengan pemberian pencegahan dan pelayanan kesehatan yang intensif seperti ini, saya yakin masyarakat Sergai khususnya di Kecamatan Teluk  Mengkudu akan menjadi masyarakat sehat yang jauh dari penyakit,” tandasnya.

Dikutip dari laman Mitratoday.com, bahwa di bulan Juli 2022 lalu, UPT. Puskesmas Sialang Buah bersama jajaran Polres Sergai kembali memberikan bantuan biaya pengobatan kepada Darliana Warga Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu yang menderita penyakit kanker payudara.

“ Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk membantu biaya pengobatan dan mengurangi penderitaan yang dialami oleh Pasien Penderita Kanker tersebut,” ujar dr Eva.

Sedangkan pada Juni 2022 lalu, UPT. Puskesmas Sialang Buah bersama jajaran TP PKK Kabupaten Sergai menggelar Gebyar Pengobatan Gratis yang dipusatkan di Kantor Desa Pematang Setrak Kecamatan Teluk Mengkudu yang disambut antusias oleh masyarakat.

“Gebyar Pengobatan Gratis yang di Gagas Puskesmas Teluk Mengkudu ini sangat baik dan banyak membawa manfaat bagi kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, saya bangga atas inisiasi dalam memprakarsai kegiatan ini dan tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Sergai,” ujar Ketua TP PKK Hj Rosmaida Darma Wijaya sambal berharap agar kegiatan seperti ini terus di laksanakan di seluruh desa di Kabupaten Serdang Bedagai.

Ia pun berpesan agar semua yang terlibat dalam kegiatan seperti ini dapat terus bekerja dengan tulus dan ikhlas seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Teluk Mengkudu ini, karena sebagai pelayan masyarakat harus memberikan pelayanan maksimal dan sebaik mungkin.

Sementara itu, dr. Sri Eva Purba menyebut jika kegiatan ini dilakukan sesuai dengan pengalaman ketika mendatangi ke rumah warga dan ingin tahu kondisi di masyarakat serta melihat kondisi kesehatan masyarakat yang tidak bisa datang ke Puskesmas. (Berbagai sumber /KAMI Sergai).

1.185 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *