Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Indonesia sudah terkenal dengan negara yang kaya akan potensi alamnya. Selain memiliki tanah yang subur, Indonesia juga dikenal dengan ragam tumbuhan rempah yang melimpah dan sudah ada sejak jaman dahulu kala. Tak salah bila dahulunya bangsa Eropa kerap mendatangi negara Indonesia hanya ingin mengambil rempah-rempahnya.

Begitupun dengan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang juga banyak ditumbuhi oleh tumbuhan yang berpotensi membawa manfaat bagi manusia. Di daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Induk Deli Serdangg ini banyak tumbuh tanaman pandan yang kaya akan manfaat. Tanaman pandan dapat hidup secara liar di habitat pesisir maupun area tropis dan subtropic.

            Sobat Komunitas Anak Milenial (KAMI) Sergai, di sini kami akan informasikan manfaat daun pandan bagi Kesehatan ya.

Daun pandan dikenal dengan aromanya yang khas dan kerap digunakan sebagai pewarna alami untuk berbagai jenis masakan. Selain itu, ada pula beragam manfaat daun pandan bagi kesehatan, mulai dari meredakan nyeri sendi hingga mencegah penyakit kanker.

 

Manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh bisa diperoleh dari sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan karotenoid

Dilansir dari situs aladokter.com, beragam manfaat daun pandan bagi Kesehatan, yaitu :

1.    Meredakan nyeri sendi

Sejak dulu, minyak yang dibuat dari ekstrak daun pandan sudah dikenal dengan khasiatnya untuk meredakan nyeri sendi. Manfaat daun pandan ini dibuktikan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa daun pandan mengandung beragam senyawa aktif yang dipercaya mampu meredakan gejala nyeri sendi dan artritis

2.    Mencegah penyakit jantung

Daun pandan mengandung senyawa karotenoid yang cukup tinggi. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Dengan begitu, Anda pun terhindar dari risiko penyakit jantung koroner.

3.    Mengobati luka bakar ringan

Kandungan asam tanat dalam daun pandan diketahui mampu mendinginkan luka bakar ringan dengan cepat, misalnya yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

Untuk memanfaatkan daun pandan sebagai obat luka bakar, Anda bisa mengeringkan dan menghaluskan daun pandan hingga menjadi bubuk, kemudian menaburkannya pada kulit.

4.     Menjaga fungsi penglihatan

Vitamin A dan kandungan beta karoten di dalam daun pandan dapat meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula,

5.    Menjaga kesehatan kulit

Kandungan beta karoten pada daun pandan juga mampu menjaga penampilan dan meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan ini dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit.

6.    Mengontrol kadar gula darah

Daun pandan diketahui bisa mengontrol kadar gula darah, terutama setelah Anda makan. Ekstrak daun ini diketahui dapat menghambat penyerapan gula di usus dan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah bisa terjaga dan risiko terkena diabetes pun menurun.

7.    Mencegah penyakit kanker

Mengonsumsi daun pandan juga berpotensi mencegah penyakit kanker. Hal ini karena daun pandan mengandung vitamin A, vitamin C, dan beta karoten yang memiliki sifat antioksidan.

Artinya, daun pandan bisa melawan radikal bebas berlebih yang dapat merusak sel-sel tubuh. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas inilah yang berisiko memicu berkembangnya sel-sel kanker.

Daun pandan memang aman untuk penggunaan dan konsumsi sehari-hari. Namun, efektivitasnya sebagai obat masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan menggunakan daun ini sebagai satu-satunya metode pengobatan.

Nah, itulah tadi ulasan tentang manfaat dau pandan. Bagi kalian yang memiliki dau pandan di sekitar rumah jangan di musnahkan ya, kalua bisa dirawat agar bisa dimanfaatkan jika sedang diperlukan. (Berbagai sumber / KAMI Sergai).

55.437 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *