Ragam Layanan Kependudukan dan Informasi ada di Sergai

Wuuiiiih megah ya gedung baru milik Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai).

Di bawah kepemimpinan Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Pemkab Sergai terus berbenah dan kini sudah punya gedung kantor Bupati yang baru. Gedung yang diresmikan pada HUT Sergai ke-18 beberapa bulan yang lalu, kini telah ditempati untuk melaksanakan ragam aktivitas setiap harinya.

Kantor baru, harapan baru dan tentunya semangat yang baru. Seluruh tenaga dan fikiran siap bersinergi dan dikerahkan untuk mewujudkan program Sapta Dambaan (SAPDA) dan mewujudkan visi Kabupaten Sergai Tanah Bertuah yang Maju Terus; Mandiri Sejahtera dan Teligius.

Proses pembangunan hingga kini terus digenjot, mulai dari pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta sektor pariwisata juga terus ditingkatkan. Tentu hal ini berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Kita Yakini jika jalan yang mulus akan berpengaruh terhadap ekonomi yang bagus.

Tak hanya memiliki gedung baru, pemkab sergai juga punya beragam layanan terhadap masyarakat. Salah satu layanan yang diberikan adalah pelayanan dokumen kependudukan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Masyarakat pada umumnya mengurus berkas Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Indonesia Anak (KIA), surat pindah, akte kelahiran, akte kawin, dan akte perceraian di kantor Disdukcapil.

Kantor Disdukcapil yang terletak di Komplek Kantor Bupati Sergai beroperasi setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Semua pengurusan dokumen kependudukan ini gratis alias tanpa di pungut biaya sedikitpun.

Namun bisa juga loh kita mengurus KK, KTP, KIA, dan Akta Kelahiran cukup dari rumah melalui layanan online dengan mengunjungi website https://baksouratdukcapil.serdangbedagaikab.go.id. Untuk lebih jelasnya pelayanan pengurusan dokumen kependudukan juga bisa dengan mengunjungi website resmi Disdukcapil https://disdukcapil.serdangbedagaikab.go.id.

 

Baru-baru ini Dukcapil Sergai menggelar layanan keliling (Yanling) yang tengah beroperasi di sela-sela kegiatan belanja bersama di pasar rakyat Sei Rampah tepatnya di hari minggu dan sudah berjalan hampir kurang lebih satu bulan. Yanling ini bertujuan untuk menjangkau masyarakat Sergai yang ingin melakukan pengurusan dokumen kependudukan. Mulai dari rekam e-KTP, pembuatan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan surat keterangan penduduk lainnya. Untuk pembuatan e-KTP baru, sangat diprioritaskan apalagi untuk yang masih pertama kali melakukan perekaman atau e-KTP pemula.

Layanan informasi lewat 92.50 Radio Sergai FM

Mengudara di frekuensi 92.50 MHz, Radio Sergai FM juga dapat di akses melalui laman Sergaifm.Serdangbedagaikab.go.id. Radio Sergai FM juga telah memiliki pendengar yang cukup aktif dengan jangkauan siar yang luas. Hal ini karena dapat diakses secara streaming lewat aplikasi yang bisa diunduh di Playstore. Inilah yang membuat Sergai FM masih menjadi salah satu pilihan utama saluran publikasi informasi resmi pembangunan di Kabupaten Sergai.

Radio Sergai FM juga merupakan salah satu alat publikasi mainstream yang masih bertahan dan diminati oleh masyarakat di tengah bermunculannya ragam media massa dan sosial media. Mengingat bahwa Kabupaten Sergai memiliki beragam suku, etnis, dan agama menjadikan Sergai FM memiliki banyak program siaran.

Tau gak sobat Komunitas anak milenial (KAMI) Sergai, bahwa Radio Sergai FM ini telah mengudara sejak tahun 2008 lalu dan tentunya telah menjadi radio kebanggaan kita masyarakat di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Wahhh sudah lebih dari satu dasawarsa ya umur Radio Sergai FM ini. Meski Masih terbilang muda namun diusianya yang dini telah memiliki pendengar yang selalu setia dibeberapa daerah.

Fadli salah satu penyiar Radio Sergai FM menyampaikan jika Radio ini mengudara dengan ragam acara. Tak hanya budaya dan hiburan saja, namun berbagai informasi dan keagamaan juga tersaji dengan apik. Jadi tunggu apalagi, yuk kita dengerkan siaran Radio Sergai FM ya. (Berbagai sumber/KAMI Sergai).

1.285 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *