Terima Aspirasi, Wakil Bupati Sergai Temui Kelompok Buruh

Sei Rampah,

Kebijakan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan oleh pemerintah pusat beberapa waktu yang lalu menuai respons dari berbagai kalangan masyarakat, salah satunya kelompok buruh di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Hal ini terlihat ketika Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu-Serdang Bedagai (ASPBB-SB) menggelar aksi unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi di halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (26/9/2022).

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, langsung menerima dengan baik para buruh yang menyampaikan beberapa tuntutan dalam aksinya ini.

“Pertama-tama saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas itikad baik kawan-kawan buruh yang menggelar aksi unjuk rasa dengan tentram dan santun. Saya mendengarkan dan menerima seluruh tuntutan kelompok buruh Sergai yang disampaikan hari ini. Nantinya, saya akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mencari solusi terbaik atas tuntutan kawan-kawan sekalian,” ucap Wakil Bupati.

Salah satu tuntutan kelompok buruh yang menjadi perhatian Adlin adalah diadakannya pasar murah untuk buruh dan pekerja di Sergai. Wakil Bupati mengatakan, hal ini akan segera ia koordinasikan dengan OPD terkait untuk realisasinya.

Sebelumnya pihak ASPBB-SB menyampaikan 6 tuntutan kepada pemerintah. Keenam tututan itu adalah yang pertama, tolak kenaikan dan turunkan kembali harga BBM berbsubsidi. Kedua, cabut dan batalkan UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020. Ketiga, hapuskan sistem buruh kontrak dan outsorcing. Keempat, turunkan harga-harga kebutuhan pokok. Kelima, naikkan upah Sergai sebesar 15%. Keenam, buat pasar murah untuk buruh dan pekerja di Sergai.

Aksi ini sendiri diikuti oleh 6 organisasi buruh yang tergabung dalam ASPBB-SB yaitu SBSI 1992, FSP PP SPSI, F. SPTI KSPSI, PERBUNI, F. SPMI, dan OSPKKM.

Ikut mendampingi Wakil Bupati Sergai di antaranya Asisten Perekonomian Drs. Nasrul Aziz Siregar, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi, dan Usaha Mikro Drs. Fajar Simbolon, M.Si, dan Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si. (Media Center Sergai).

Teks/Reporter :  Ardi/Hans

Editor : Rini Ry

Admin : Vivi

893 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *