Jembatan Baru, Ekonomi Maju di Pantai Sialang Buah

Masih seputar pantai, jika sebelumnya Komunitas Ini Sergai Loh sudah menyuguhkan informasi terkait Pantai Woong Rame, Pantai Mangrove, Cemara Kembar dan lainnya. Kali ini kami akan informasikan tentang Pantai Sialang Buah yang berada di Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Beberapa tahun belakangan ini, Pantai ini selalu ramai jika sudah akhir pekan. Namun sepertinya pengunjung Pantai Sialang Buah merupakan pengunjung lokal yang tinggal masih di sekitar Provinsi Sumatera Utara dan di luar daerah juga.

Meski demikian sampai saat ini pun masih banyak pengunjung yang memadati Pantai Sialang Buah ini jika hari libur tiba.Tentu daya tarik pantai dengan panorama indah yang membuat pengunjung tertarik untuk berlibur di tempat ini.

Jika dilihat-lihat, Pantai Sialang Buah ini memiliki kesan yang natural dan sangat cantik. Sehingga Pantai ini terkesan sederhana. Namun, kesederhanaan itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini.

Sebenarnya apa yang membuat para wisatawan suka berkunung ke Pantai Sialang Buah ya? Jika sudah pernah ke sana, pastinya ingin mengulangi lagi, dan lagi. Salah satu penyebab wisatawan yang suka berkunjung di Pantai Sialang Buah adalah panorama alam yang cantik dan masih alami.

Kealamian yang masih terjaga serta hijaunya pepohonan mangrove maupun pepohonan seperti pohon pinus membuat mata yang memandang menjadi segar. Sehingga pantai ini terkenal sederhana, dan dari kesederhanaan itulah menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Kalau soal spot foto, jangan ditanya lagi. Pastinya sangat banyak. Kesederhanaan dan kealamiahan Pantai Sialng Buah ini membuat wisatawan senang untuk mengabadikan momen terindahnya di sana.

Jelas wisatawan jaman modern ini pasti hal wajibnya dalam berlibur adalah berfoto. Maka dari itu, jangan khawatir kalau soal jepret-jepret dengan pemandangan alami ya di sini..di Pantai Sialang Buah ini.

Sambil menikmati pemandangan yang alami disertai dengan angin yang sepoi-sepoi, wisatawan juga bisa langsung melihat para nelayan tradisional yang sedang melaut atau bahkan pulang dari melaut. Dengan mengendarai sampan motor kayu, membawa hasil tangkapan ikan laut yang tentunya masih segar-segar. Wah..bisa juga nih, orang-orang yang sedang berwisata sambil membeli ikam tangkapan nelayan.

Selain mempunyai pemandangan yang alami, di sekitar lokasi Pantai Sialang Buah juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Hasil lut yang diperoleh nelayan bisa diperjual belikan di lokasi TPI.

Sambil berwisata menikmati pemandangan alam, pulangnya bisa bawa ikan yang dibeli dari TPI. Ikannya masih segar dan harganya pasti terjangkau.

Dikutip dari MediaKomentar.com, Terdapat sebuah cerita bahwa Pantai Sialang Buah termasuk pantai yang memiliki sejarah. Selain pantainya bersih, ada suatu tempat yang disebut orang adalah Sumur Kramat.

Sumur kramat adalah sebuah telaga kecil yang ada airnya. Keistimewaan airnya ini bila di ambil tidak pernah habis dan selalu segar. Tapi hanya yang berniat baik yang dapat menemui sumur kramat tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan, beberapa waktu lalu jembatan menuju Pantai Sialang Buah ini memiliki konstruksi yang sudah cukup tua dan bisa membahayakan bagi wisatawan yang menyeberang. Oleh karenanya, wisatawan harus lebih hati-hati.

Namun, jembatan yang dulunya sudah tua dan hampir roboh, saat ini sedang dalam masa perbaikan. Sebentar lagi jembatan ini akan selesai.

Menurut Agus Warga Desa Pematang Setrak, ketika berjalan-jalan bersama keluarganya.

Ia mengatakan, jika jembatan ini sudah selesai, pasti akan seperti tempat wisata baru. Pengunjung bisa menikmati indahnya pesisir pantai danmelihat aktivitas nelayan dari atas jembatan.

Dibawah kepemimpinan Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup Adlin H Umar Yusri Tambunan, perlahan namun pasti, infrastruktur semakin meningkat. Seperti jembatan Sialang Buah ini yang dibangun kembali, ditambah lagi akses jalan yang sangat baik, hitam legam.

Dengan direnovasinya jembatan yang menjadi akses menuju Pantai Sialang Buah ini,tentu menjadi harapan kita bersama pariwisata akan meningkat. Jika infrastruktur jalan maupun jembatan mulus dan baru..InsyaAllah ekonomi maju. (Berbagai sumber/KAMI Sergai)

1.353 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *