Kebun Binatang Di Sergai

Masih cerita soal objek wisata yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Mungkin belum banyak orang yang tau tentang Rahmat Zoo & Park (R-Zoo & Park), yang merupakan Kebun Binatang pertama di sekitaran Perbaungan, Kabupaten Sergai tepatnya di Desa Bangabing Kecamatan Pegajahan. Kalau mau dekat bisa lewat Simpang Bengabing sebelum Desa Bengkel.

            Kebun binatang ini berada di tengah perkebunan kelapa sawit milik PT Fajar Agung. Biaya masuk yang dipatokan juga sangat terjangkau, yaitu berkisar Rp 15.000,- (lima belas ribu rupiah) untuk anak-anak di atas usia 2 tahun hingga orang dewasa, sementara untuk balita tidak dikenakan biaya (gratis).

            R-Zoo & Park atau yang juga populer dengan nama kebun binatang Perbaungan atau Bengabing ini tidak hanya sebagai sarana berlibur tetapi juga sebagai tempat belajar bagi anak-anak untuk lebih mengenal jenis-jenis nama satwa yang ada di ada di sana. Tetunya dengan selalu mengawasi gerak gerik anak-anak ketika berada di sana. Kebun binatang ini juga di rancang dengan konsep child zoo yang ramah untuk anak-anak. Mengenal kehidupan alam liar secara langsung pada anak, tempat bermain sambil belajar, membantu anak bereksplorasi dengan alam, membantu mengendalikan rasa takut yang sering terjadi. R-Zoo & Park adalah tempat edukasi dan rekreasi yang mengusung konsep open zoo, yang sangat cocok bagi anak-anak.

            Tak hanya itu saja, konsep zona berfoto yang dibuat semenarik mungkin sesuai dengan tren instagramable yang bisa dibuat latar, sehingga menambah daya tarik bagi penikmatnya, diantaranya adalah konsep payung terbang, rumah kelinci, lorong jalan dan masih banyak lagi. Di sini juga pengelola menyediakan wisata pemandian kolam renang dan air pancur untuk anak-anak yang membuat anak-anak tak merasa bosan saat berada disana.

            Dilansir dari pariwisatasumut.Net, R-Zoo & Park adalah tempat pemeliharaan atau taman hewan dengan ukuran luas 20 ha. R-Zoo & Park dibangun atas prakarsa dan ide dari Dr H. Rahmat Shah, aktivitis lingkungan dan pengusahan di bidang pariwisata. Tujuan Dr H. Rahmat Shah mendirikan taman tersebut adalah untuk melestarikan satwa langka endemik Indonesia.

            R-Zoo adalah inisial dari R yang berarti Rahmat Shah, yang terkenal di Medan. Anak dari Dr H. Rahmat Shah adalah seorang aktris yag bernama Raline Shah. Makanya sering kita temui foto-foto Raline Shah bersama hewan-hewan yang ada di kebun binatang. Beliau juga pemilik Taman Hewan Siantar dan Rahmat International Wildlife Museum and Gallery Medan.

            Masih dari sumber pariwisatasumut.Net, melalui PT Fajar Agung, proses pembangunan R-Zoo & Park sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun 2017. Dan sampai sekarang area konservasi itu masih terus dikembangkan dan dipercantik secara bertahap, agar nantinya bisa sama bagusnya dengan kebun binatang terbaik di Nusantara Indonesia. PT Fajar Agung juga mengelola beberapa destinasi konservasi hewan dan edukasi yang cukup terkenal di Sumatera Utara.

            Binatang koleksi R-Zoo & Park juga masih terbatas, di antaranya adalah rusa, buaya, kanguru tanah, sapi, monyet, siamang, ular, berang-berang, tupai, dan aneka burung lainnya. Satwa tersebut tinggal di zona terpisah sesuai dengan klasifikasi sesuai hewan itu sendiri yakni ordo karnivora, mamalia, genus panthera, leo, filum chordata dan kingdom animalia.

            Nah, tunggu apa lagi, buat warga Serdang Bedagai akhir tahun sangat cocok untuk menikmati masa liburan bersama keluarga, selain tiket masuk yang murah mreriah, akses menuju kebun binatang R-Zoo & Park juga mudah di jangkau dan bisa di tempuh lewat jalur Tol untuk yang di luar daerah. (Berbagai sumber/KAMI Sergai)

12.460 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *