Pemkab Sergai-Lantamal I Belawan Sinergi Kembangkan Desa Bagan Kuala

Tanjung Beringin,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri penutupan Festival Layang-layang dan Lomba Dangdut yang memperebutkan Piala Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan, yang digelar di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Sabtu (22/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan festival layang-layang dan dangdut ini dimaksudkan untuk memperkenalkan Pantai Merdeka lebih luas lagi yang mana nantinya diharapkan dapat memacu kegiatan investasi di Kabupaten Sergai. Selain itu ia menyebut, kegiatan ini juga bertujuan menyukseskan visi menjadikan Sergai kabupaten yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius).

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang terus bergerak membantu Pemkab Sergai dalam mewujudkan Sapta Dambaan (SAPDA) khususnya pada poin keenam yakni Wisata Maju Terus. Semoga kedepannya Pantai Merdeka ini juga menjadi tujuan wisata yang diperhitungkan, tidak hanya dikancah lokal atau nasional, tapi dunia,” harap Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Pada momen ini juga, Bupati Sergai menyampaikan terima kasih kepada Danlantamal I atas program Kampung Bahari Nusantara yang dicanangkan di Bagan Kuala. Program ini, sebutnya, telah mengembangkan lima klaster yaitu pendidikan, ekonomi, pariwisata, kesehatan, dan pertahanan

“Terkhusus hari ini kita di wilayah Pantai Merdeka, yang merupakan salah satu pengembangan klaster pariwisata dan ekonomi. Dengan tumbuh berkembangnya tempat wisata ini, maka tentunya akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya,” katanya lagi.

Bang Wiwik juga tak lupa menginformasikan saat ini Kabupaten Sergai juga sedang mengikuti lomba Anugerah Desa Wisata hajatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di mana Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis yang menitik beratkan pada wisata Arung Jeram, terpilih dalam 50 besar Desa Wisata tingkat nasional.

Terakhir, dirinya menyampaiakn apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu dan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kepada pemenang kami ucapkan selamat dan bagi yang belum, sesungguhnya ini adalah kemenangan yang tertunda. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Kabupaten Sergai, Tanah Bertuah Negeri Beradat, yang kita banggakan ini,” pungkasnya.

Sementara itu Danlantamal I yang diwakili Wadan Lantamal I Belawan, Kolonel Marinir Sugianto, menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Lantamal Pemkab Sergai, guna mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut (dawilhanla) melalui kemanunggalan TNI AL dengan rakyat khususnya masyarakat pesisir.

“Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan seni budaya dan memberikan kontribusi positif bagi promosi kepariwisataan di daerah sekitar Sergai,” ujarnya.

Ia melanjutkan, acara ini juga merupakan wadah penyaluran ekspresi, bakat, dan seni masyarakat. Untuk itu, ia berharap ke depan festival dan lomba ini dapat dilaksanakan terus dan kualitasnya dapat ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

“Hal tersebut agar kemajuan budaya dan pembinaan kesenian yang memiliki nilai-nilai budaya, kearifan lokal, dan karakter bangsa dapat terus dilestarikan,” tandasnya.

Ikut hadir pada acara ini antara lain Asisten Perekonomian Drs. Nasrul Aziz Siregar, Camat Tanjung Beringin Elmiati, S.AP, Kapolsek Tanjung Beringin AKP Tobat Sihombing, Danramil 11/Tanjung Beringin Kapten Arh Albert Wina Sembiring, Kepala Desa Bagan Kuala Syafril, dan masyarakat. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

 

594 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *