Bulan Inklusi Keuangan, Momentum Bangun Eksosistem Layanan Jasa Keuangan yang Berkualitas di Sergai

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Drs. Nasrul Aziz Siregar membuka kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2022 dengan tema “inklusi keuangan meningkat, perekonomian semangkin kuat” .

Acara ini dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (24/10/2022).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Perekonomian, Bupati Sergai menyampaikan BIK merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan pada bulan Oktober setiap tahunnya.

Ia menjelaskan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional V Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) berkolaborasi dengan forum komunikasi Industri Jasa Keuangan (IJK) dan pemerintah daerah khususnya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Sergai menyelenggarakan rangkaian produk jasa keuangan dan literasi keuangan yang bertujuan untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan di seluruh wilayah Indonesia.

“BIK digelar sebagai salah satu upaya mendekatkan masyarakat dengan produk dan layanan keuangan. Dengan semakin terbukanya akses keuangan masyarakat, penggunaan produk dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Bupati Sergai.

Masih lanjut Bupati, pelaksanaan BIK ini diharapkan juga mendorong pembukaan rekening, pemberian kredit/pembiayaan serta penggunaan produk atau layanan jasa keuangan serta untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap budaya menabung dan mempublikasikan program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen.

Bupati meyakini, kegiatan BIK dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan, serta memberi kemudahan untuk membuka akses keuangan untuk sektor perbankan, pasar modal, perasuransian, lembaga pembiayaan, pegadaian, dana pensiun, fintech, serta e-commerce, sehingga dapat memberikan dampak positif dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) serta pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada akhir tahun 2024.

Selanjutnya, dirinya menginformasikan terdapat beberapa rangkaian kegiatan BIK 2022, di antaranya yang pertama penjualan produk/jasa keuangan berinsentif melalui pemberian discount, cashback, point, bonus atau reward. Kedua, fasilitasi pemberian kredit/pembiayaan bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro, antara lain melalui kegiatan business matching. Ketiga, pameran jasa keuangan yang dapat dilakukan secara virtual, menyesuaikan dengan kondisi lokasi pelaksanaan kegiatan. Keempat, pembukaan rekening, polis dan produk keuangan lainnya. Kelima, kegiatan edukasi keuangan baik sosialisasi, webinar, bank goes to school). Dan keenam kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen secara masif.

Saya berharap kegiatan BIK ini bisa menjadi barometer keberhasilan perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Sergai serta mari kita jadikan BIK ini sebagai momentum untuk membangun ekosistem layanan jasa keuangan yang aman, nyaman, dan bertanggung jawab,” tandas Bupati.

Kepala Bagian Perekonomian Rosdelimawati, SE, dalam laporan kegitannya menyampaikan, BIK tahun 2022 mengusung tema “Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semangkin Kuat”.

Ia menginformasikan, kegiatan ini diikuti oleh para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sergai yang tergabung dalam TPAKD Kabupaten Sergai. Selain itu hadir pula perwakilan BI, para pimpinan Bank BNI 46 Cabang Sei Rampah, pimpinan Bank BRI Cabang Sei Rampah, pimpinan Bank SUMUT Cabang Sei Rampah, Pimpinan Bank Mandiri Cabang Sei Rampah, para pelaku UKM, petani, peternak, nelayan, BUMDes, para Kepala Sekolah, Guru, serta Pelajar SD/SMP/SMA.

“BIK Kabupaten Sergai pada hari ini melaksanakan beberapa kegiatan yaitu sosialisasi Program Asuransi oleh PT. Jasindo, sosialisasi Aplikasi QRIS, KMSB/KUR oleh Bank Sumut Cabang Sei Rampah, launching Aplikasi Marketplace “KEDAIKU”, serta diselingi diskusi dan tanya jawab,” rincinya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Admin : Julia

985 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *