Bupati Sergai Resmikan Ruas Jalan Sekalian Hadiri Aruh Maulud Banjar

Perbaungan,

Dua momen besar bagi masyarakat Lubuk Rotan, Kecamatan Perbaungan, terjadi pada Minggu, (14/11/2022). Yang pertama berlangsung saat Bupati Sergai H. Darma Wijaya meresmikan pembangunan lapisan penetrasi (lapen) di ruas jalan sepanjang 535 m di Dusun 2, Desa Lubuk Rotan. Sedangkan momen kedua adalah perayaan Aruh Maulud Banjar yang juga dihadiri oleh Bupati Sergai di Dusun 5.

Dalam sambutannya, Darma Wijaya menyampaikan jika pembangunan lapen ini merupakan tahapan awal sebelum nantinya akan dilakukan pengerjaan lebih lanjut yang sudah diproyeksikan pada rencana tahun depan.

“Ruas jalan Dusun II sepanjang 535 meter sudah dilapen. Sedangkan dari sini ke Dusun 4 dilapisi pasir dan batu dulu, supaya pondasinya kokoh. Tahun depan sudah masuk target untuk segera diaspal,” terangnya.

Di kesempatan ini Bupati menegaskan, dirinya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan memang menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai kerja prioritas selama mengemban amanah rakyat Sergai. Ia menargetkan, tahun 2024 persentase jalan mulus di Sergai dapat mencapai 80%.

Di Kecamatan Perbaungan, ungkapnya, bukan hanya di sini saja dilakukan pembangunan. Ia merinci ada 12 titik lain yang akan diupayakan peningkatan kualitas infrastrukturnya. Dengan anggaran P-APBD, Bupati menyatakan akan dilakukan perbaikan infrastruktur di beberapa lokasi yaitu mulai dari Kelapa, Melati, Lidah tanah, Angrek, Batang Terap, Kesatuan Tanah Merah, Kotagaluh, dan lainnya.

“Kalau cakupannya lebih luas lagi, pembangunan juga akan dilakukan di kecamatan lain. Pada P-APBD, ada sekitar 41 ruas jalan yang akan dibangun. Ini merupakan komitmen kami menjalankan salah satu program unggulan dalam Sapta Dambaan yaitu Infrastruktur Terintegrasi,” ujar Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini.

Selain meresmikan ruas jalan, Bang Wiwik juga berkesempatan menghadiri Aruh Maulid Banjar di Dusun 5, Desa Lubuk Rotan.

Darma Wijaya mengapresiasi terlaksananya kegiatan semacam ini. Baginya acara tersebut merupakan bentuk merawat dan menjaga tradisi yang turun temurun diwariskan. Bahkan di kesempatan ini, Bupati Sergai menyumbangkan seekor lembu kepada warga Lubuk Rotan.

“Tahun depan kalau bisa, acara ini bisa dipusatkan di satu lokasi, sehingga menjadi acara kabupaten. Silakan panggil penceramah langsung dari Kalimantan. Pemkab Sergai Insya Allah siap memberikan dukungan moral dan materil. Harapannya, warga Banjar di Sergai makin semangat melestarikan adat istiadat khasnya,” tambahnya.

Rasa terima kasih disampaikan salah seorang warga Dusun 5 keturunan Banjar bernama Azra’i. Dia mengaku sumbangan 1 ekor sapi yang diberikan Bang Wiwik benar-benar membantu masyarakat dalam merayakan Aruh Maulid Banjar ini.

Azra’i menjelaskan, dalam tradisi tahunan ini, tiap-tiap rumah yang ditunjuk panitia akan menampung warga untuk menggelar acara makan bersama. Lembu yang diberikan Bupati, sebutnya, bisa dipotong dan dibagi-bagikan untuk konsumsi warga selama acara.

“Terima kasih Pak Bupati. Semoga sehat selalu dan lancar rezekinya,” ucapnya mendoakan.

Aruh Maulid tahu ini menghadirkan Ustadz Muhammad Sazli sebagai penceramah. Hadir pula pada momen ini Camat Perbaungan serta Muspika Kecamatan Perbaungan, Danramil, perwakilan dari Polsek dan masyarakat setempat. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Admin : Julia

 

458 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *