Tingkatkan Pelayanan Publik dan Pertumbuhan Investasi Lewat Reformasi Birokrasi

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, mengikuti kegiatan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dan Reformasi Birokrasi Menuju Birokrasi Berkelas Dunia yang dilaksanakan secara virtual, bertempat di ruang rapat Sekdakab, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (6/12/2022).

Sekdakab Faisal Hasrimy menyampaikan jika kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong percepatan reformasi birokrasi dan pelayanan publik di Indonesia. Ia menyebut, birokrasi yang memiliki dampak menjadi tema utama yang mesti diimplementasikan dalam kerja pemerintahan.

“Pesan Bapak Presiden, birokrasi ini harus berdampak. Kita sibuk siang malam tapi dampaknya jangan sampai tidak jelas. Beliau berharap dampak yang dihasilkan dari kerja birokrasi ini dapat diukur.  Selain itu beliau juga meminta, birokrasi di daerah harus lebih lincah dan lebih cepat untuk reformasi birokrasi,” kata Sekdakab.

Faisal Hasrimy menyebut, pada kegiatan virtual tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengingatkan baik Kementrian, lembaga daerah, dan Pemda seharusnya tidak sibuk dengan urusan masing-masing apalagi ada fenomena di akhir tahun sibuk menghabiskan anggaran namun tidak selaras dengan program nasional.

“Pak Menteri juga meminta, reformasi birokrasi penting dilakukan pada sektor investasi. Kalau urusan investasi lebih ringkas dan tidak berbelit-belit, maka pertumbuhan angka investasi juga akan meningkat. Ini juga akan secara langsung mendorong perekonomian secara umum. Intinya permudah perizinan di tingkat daerah sehingga investasi akan tumbuh dan lapangan pekerjaan juga ikut tumbuh,” ujarnya.

Terakhir ia juga menyebut, pentingnya digitalitasi pada aspek administrasi pemerintahan. Baginya dengan konversi ke format digital, pelayanan akan lebih cepat, transparan, dan tentunya lebih murah.

“Selain itu kita juga harus galakkan penggunaan katalog elektronik (e-Katalog). Sistem E-katalog mendorong organisasi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk bertransformasi memotong rantai birokrasi, memudahkan prosedur, dan mengubah mekanisme pengadaan barang/jasa yang bertujuan agar organisasi lebih responsif, transparan dan accessible sehingga terjadi check and balance,” tandasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala BAPPEDA Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, Inspektur Sergai Dimas Kurnianto, SH, MM, MSP, dan Kabag Orta Kusmin, S.Pd, MPd. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Vivi

882 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *