SMSI Kunjungi Sergai, Bupati Sebut Media Siber Sebagai Mitra

Sei Rampah,
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima kedatangan rombongan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dalam rangka ekspedisi Geopark Kaldera Toba, bertempat di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (7/2/2023) malam.
Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan apresiasi atas kunjungan pengurus SMSI karena telah menjadikan Kabupaten Sergai sebagai tujuan dalam bersilaturahmi. Ia menegaskan, pihaknya hingga saat ini terbuka bagi media yang akan bermitra, sepanjang menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Apalagi di era digitalisasi ini, menurutnya media siber menjadi media yang paling eksis saat ini.
“Sebagai pemimpin eksekutif tertinggi di Kabupaten Sergai, saya menyadari betul peran dan fungsi media dalam memajukan pembangunan daerah melalui berbagai informasi yang disampaikannya. Eksisnya SMSI di Kabupaten Sergai ini tentu sangat penting untuk menjamin bahwa media yang berada di bawah naungan SMSI adalah yang profesional media yang memahami kode etik jurnalistik, berkompeten, serta dilindungi oleh undang-undang dan dewan pers,” ucap Bang Wiwik, panggilan populernya.
Dilanjutkan oleh Bupati, sejak Kabupaten Sergai berdiri, banyak pembangunan yang dilaksanakan baik pembangunan fisik maupun pembangunan SDM. Hal itu ditandai dengan meningkatnya capaian indikator makro sosial ekonomi sebagai hasil pembangunan. Adapun pembangunan tersebut seperti indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2022 sebesar 71,21 (kategori tinggi).
“Sedangkan pembangunan fisik tahun 2022 antara lain; pembangunan jalan kabupaten sepanjang 70,354 km, sehingga jalan kabupaten dalam kondisi mantap mencapai 600,004 km, atau 69,08 %. Pembangunan jaringan irigasi kabupaten sepanjang 6,405 km, sehingga jaringan irigasi kabupaten dalam kondisi baik mencapai 150,768 km atau 78,93 %. Pembangunan jembatan sebanyak 5 unit sehingga jembatan dalam kondisi baik sudah mencapai 75 unit atau 60,97 %,” jabar Bupati.
Ia melanjutkan, pembangunan juga dilakukan pada saluran drainase sepanjang 2.402 meter; sehingga drainase dalam kondisi baik mencapai 330.167 meter atau 11,69 %. Pembangunan jalan produksi pertanian sepanjang 5.869,20 meter sehingga total jalan produksi pertanian yang sudah dibangun mencapai 8.003,70 meter atau 40,02 %. Pembangunan jalan usaha tani sepanjang 8.407,14 meter, sehingga total jalan usaha tani yang sudah dibangun mencapai 10.088,14 meter atau 201,76 %.
Selain itu, ia menuturkan Sergai juga membangun rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 994 unit sehingga RTLH yang sudah dibangun berjumlah 2.617 unit atau 92,32 %. Pembangunan akses sanitasi layak dan aman sebanyak 5245 rumah tangga, sehingga totalnya menjadi sebanyak 106.092 rumah tangga atau 79,83 %.
Pembangunan akses air minum layak sebanyak 1.093 rumah tangga sehingga total yang sudah dibangun sebanyak 119.622 rumah tangga atau 70,80 persen. Pembangunan lumbung pangan lantai jemur dan usaha penggilngan padi, masing-masing sebanyak 3 unit sehingga total yang sudah bangun masing-masing sebanyak 5 unit atau 100 persen.
Tak hanya pembangunan infrastruktur, Sergai juga memiliki deretan prestasi baik tingkat nasional maupun provinsi yang diperoleh tahun 2022. Beberapa di antaranya penghargaan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang keempat kali dari BPK RI perwakilan Sumut.
Masih lanjut Bang Wiwik, Kabupaten Sergai juga dikenal dengan berbagai potensi daerah yang luar biasa, terutama di bidang pariwisata; lewat uji nyali wisata arung jeram atau rafting di sungai Bah Bolon, Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis. Di sana terdapat sungai yang representatif dijadikan arena rafting. Tentunya tak kalah eksotis dari sungai-sungai di daerah lain.
“Oleh karenanya, tak heran bila destinasi wisata itu mendapat pengakuan Kemenparekraf yang menyematkan Kabupaten Sergai sebagai peraih juara 1 Desa Wisata Terfavorit dan juara 2 Desa Wisata Digital dan Kreatif pada ajang Desa Wisata Nusantara. Dengan membaiknya sektor pariwisata, kami berharap perekonomian masyarakat juga membaik,” kata Bupati Sergai.
Terkait dunia pers, Bupati Sergai menyampaikan pada akhir desember 2022 lalu, dirinya juga mendapat penghargaan Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat atas inovasi dalam menerapkan program cetak sawah mandiri. Penghargaan tersebut akan diterima pada puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2023 di Kota Medan.
“Dengan berbagai capaian yang kami peroleh, akan menambah semangat dalam bekerja dan mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Kami juga berharap kunjungan pengurus SMSI ini, menjadi momentum untuk mempublikasikan potensi wisata di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Saya meyakini bahwa kerja jurnalistik menjadi salah satu pilar utama dalam proses pembangunan suatu daerah,” tutup Darma Wijaya.
Ketua SMSI Pusat, Firdaus, menjelaskan masyarakat merupakan bagian dari ekosistem media. Untuk itu pada kesempatan ekspedisi Geopark Toba ini, pihaknya ingin mendorong daerah-daerah wisata yang dilalui untuk dipublikasikan kepada dunia terutama di Sumut.
“Sumut bukan hanya Medan, tapi banyak daerah yang mesti dikenal oleh publik, termasuk Sergai. Semoga lewat kegiatan ini, potensi besar daerah di Sumut dapat terpublikasi dengan baik,” kata Firdaus.
Di kesempatan ini, dirinya juga meminta kesediaan Bupati Sergai untuk hadir menerima penghargaan dari SMSI Pusat di Jakarta.
“Maret mendatang pada HUT SMSI, rencananya Pak Bupati Sergai masuk sebagai nominator penerima apresiasi dari SMSI.
Hadir dalam kegiatan ini antara lain para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Sekretaris Jendral SMSI Pusat M. Nasir, Ketua Bidang SMSI Pusat Makali Umar, Bendahara Umum SMSI Pusat Lesman Bangun, serta Ketua SMSI Provinsi se-Indonesia. (Media Center Sergai).
Teks/Editor : Ardi/Rini Ry
Reporter : Brojeps
Admin : Vivi
508 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *