Resmi Buka LT-III Kwarcab Sergai, Bupati Ajak Seluruh Pihak Dukung Gerakan Pramuka

 

Tebing Tinggi,

 

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya secara resmi membuka Lomba Tingkat Regu Pramuka Tiga (LT-III) Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sergai. Pembukaan ini dilaksanakan di Lapangan Golf PTPN IV Pabatu Kecamatan Tebing Tinggi, Jumat (24/2/2023).

 

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Bupati Sergai kepada seluruh instansi terkait, FORKOMPIMDA, FORKOMPIMCAM, dan perangkat daerah yang telah mendukung dan membantu terselenggaranya kegiatan ini. Darma Wijaya berharap besar, kerja sama yang baik ini dapat senantiasa diwujudkan di Kabupaten Sergai demi terwujudnya Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

Terkait pelaksanaan lomba kali ini, dia menyebut jika kompetisi merupakan sifat anak, remaja, dan kaum muda dalam kegiatannya sehari-hari. Menurutnya, kegiatan bersifat lomba merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta untuk berprestasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran gerakan pramuka.

 

“Berlomba dalam Gerakan Pramuka bukan untuk menang tetapi untuk meningkatkan ketahanan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik. LT-III Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sergai merupakan salah satu sarana meningkatkan prestasi seta sebagai evaluasi kualitas hasil pembinaan anggota gerakan pramuka golongan penggalang di gugus depan,” ujar Bupati.

Kepada seluruh hadirin yang hadir, Bupati menyampaikan jika para peserta usia belia ini sangat memerlukan dukungan, arahan, dan bimbingan; baik secara moral maupun finansial. Sehingga baginya, sudah menjadi kewajiban bersama untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan bagi generasi penerus bangsa termasuk dalam kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

 

“Termasuk dalam memberikan bantuan ketersediaan tenaga, dana, dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan kepada gugus depan, satuan, dan Kwarcab,” katanya lagi.

 

Kepada para peserta, Bupati berpesan agar mengikuti kegiatan LT-III ini dengan sebaik-baiknya. Ia juga mengingatkan agar seluruhnya menjaga kesehatan dan keselamatan, persatuan dan persaudaraan serta kekompakan sebagai Pramuka Indonesia di Kwarcab Gerakan Pramuka Sergai.

 

“Junjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan sportivitas dalam berlomba berlandaskan Tri Satya dan Dasa Darma. Menang dan kalah adalah hal yang biasa dalam berlomba, tetapi bagi saya kalian semua adalah pemenang dan juara. Yang dibutuhkan ke depan bukan sekedar piagam ataupun tropi juara. Akan tetapi mental pemenang dan juara inilah yang dibutuhkan. Sehinggga bisa menadi generasi bangsa yang tangguh dan berbudi pekerti luhur,” tegas Darma Wijaya.

Sebagai penutup, Bupati juga mengingatkan agar peserta terus secara rutin tetap menjalankan ajaran dan nilai-nilai agama yang dianut. Agama merupakan salah satu fondasi yang kokoh untuk menghadang besarnya pengaruh negatif. Ia percaya, hanya dengan penguatan nilai-nilai agama, semua tantangan zaman bisa diatasi.

 

“Marilah perdalam nilai agama serta amalkan setiap ajaran agama yang dianut. Bagi yang beragama Islam laksanakan salat lima waktu. Laksanakan puasa ramadan; yang tidak sampai sebulan lagi. Serta anjuran agama lainnya. Bagi yang beragama lainnya, juga melakukan setiap ajaran dan kebajikan agamanya. Inilah namanya jiwa pramuka yang religius. Pramuka yang sesuai dengan pencapaian visi Pemkab Sergai,” tandasnya.

 

Dalam laporannya, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, yang juga merupakan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sergai menjelaskan kalau perhelatan kali ini dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh anggota gerakan pramuka menjadi warga negara Indonesia yang mandiri, peduli, dan bertanggungjawab.

 

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 27 Februari 2023. Ada 19 cabang yang diperlombakan di antaranya packing, administrasi regu, hasta karya, bivak, morse, dan sebagainya. Bagi regu yang berprestasi, Faisal menyebut berhak mewakili Sergai dalam Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT-IV) Kwarcab Gerakan Pramuka Sumatera Utara tahun 2023.

 

“LT-III Kabupaten Sergai ini diikuti 437 peserta dari 17 kecamatan se-Sergai. Adapun peserta berusia 11 sampai dengan 15 tahun,” ungkap Sekdakab.

 

Pembukaan LT-III ini juga dihadiri Camat Tebing Tinggi Edy Syahputra, S.STP, M.Si. (Media Center Sergai).

 

Teks/Editor: Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : chan

782 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *