Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Pemkab Sergai Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sei Rampah,

Dalam rangka Hari Hipertensi sedunia yang diperingati setiap tanggal 17 Mei, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan pemeriksaan penyakit tidak menular di Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Kepala Dinas Kesehatan Selamet Hartono, Selasa (16/5/2023) menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan ini diperuntukkan bagi ASN, non ASN serta masyarakat. Sedangkan kegiatan berlangsung secara berkelanjutan di seluruh Puskesmas maupun fasilitas kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta mulai tanggal 15 – 31 Mei 2023.

“ Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendeteksi penyakit tidak menular sebagai pencegahan penyakit. Kemudian perlu juga mengkonsumsi makanan yang bergizi. Jangan lupa untuk selalu berolahraga, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol serta berperilaku hidup bersih dan sehat dengan menjaga lingkungan sekitar. Cegah dan kendalikan hipertensi untuk hidup sehat lebih lama,” tutup Kadis Kesehatan.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan menyambut positif dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan.

Menurutnya, rutin melakukan pengecekan kesehatan agar kita segera mengetahui berbagai faktor risiko penyakit sehingga dapat mencegahnya. Upaya pencegahannya bisa dilakukan dengan melakukan perubahan, seperti mengubah kebiasaan yang kurang baik dan menggantikannya dengan penerapkan pola hidup sehat.

“ Tadi saya sudah instruksikan kepada jajaran Dinas Kominfo untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Selain untuk mendeteksi dini penyakit yang mungkin diderita, tentu mengetahui lebih awal akan mudah dalam mencegah maupun mengobatinya,” terang Ingan.

Ia pun percaya tentang pepatah yang menyebut “ Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat “. Oleh karenanya, mari kita jaga kesehatan agar bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Tak hanya bagi ASN saja, Plt Kadis Kominfo juga berharap masyarakat dapat  memeriksakan kesehatannya di pusat layanan kesehatan terdekat. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, ayo kita hidup sehat, pungkasnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Admin : Julia

1.327 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *