Lepas Peserta KKL STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, Wabup Sergai Sergai Dorong Mahasiswa Kreatif dan Inovatif

 

Sei Rampah,

 

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan melepas 113 mahasiswa/i peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hikmah Tebing Tinggi, di halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (24/7/2023).

Wabup Sergai Adlin Tambunan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Rektor STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi yang menempatkan mahasiswa peserta KKL di wilayah Kabupaten Sergai.

 

“Kami merasa bangga dan bersyukur, sebab dengan KKL ini, sedikit banyak akan membantu meningkatkan pengetahuan, juga ikut mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat, khususnya masyarakat Sergai,” kata Adlin Tambunan.

 

Oleh karena itu pada kesempatan ini Wabup berharap para mahasiswa/i yang akan melaksanakan KKL dapat melakukan identifikasi masalah yang ada dalam masyarakat. Hal tersebut menurutnya dapat menjadi bahan masukan bagi Pemkab Sergai untuk perbaikan di masa mendatang dengan melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa setempat menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik.

 

Ia juga menyebut, para mahasiswa/i peserta KKL diharapkan dapat lebih meningkatkan kepedulian dan empati masyarakat terhadap kondisi pemulihan perekonomian yang saat ini dihadapi bersama.

 

“Semoga pelaksanaan KKL ini dapat berjalan selaras dengan program pemerintah untuk melakukan pemulihan masyarakat pasca pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan melemahkan semua sendi kehidupan kita, khususnya sektor perekonomian,” tambahnya.

 

Sebagai kaum intelektual dan pembaharu, bagi Adlin Tambunan mahasiswa harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan.

 

Diharapkan olehnya berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan perguruan tinggi melalui KKL dapat diorientasikan pada penyiapan mahasiswa sebagai sarjana pendamping masyarakat dan upaya pemberdayaan masyarakat desa melalui implementasi Tri Dharma perguruan tinggi.

 

“Para mahasiswa yang memiliki kelebihan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan mampu menumbuhkan motivasi dan inovasi masyarakat untuk lebih maju. Di antaranya dengan membantu menemukan peluang usaha yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat, serta menyusun program yang dapat dilaksanakan dan disesuaikan dengan kemampuan, kondisi dan situasi yang ada,” ujar Adlin.

 

Terakhir Adlin berpesan kepada para mahasiswa/i, untuk mengembangkan ilmunya agar semakin kreatif dan inovatif, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi percepatan penggalian dan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia pedesaan bagi kemajuan pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sergai.

 

“Marilah dengan semangat, kita optimalkan kompetensi, tugas dan fungsi masing-masing dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera, dan religius,” tandasnya.

 

KKL ini nantinya akan diikuti oleh 113 mahasiswa yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Tadris Matematika (TMM). KkL ini berlangsung dari tanggal 24 Juli 2023 sampai 06 September 2023. Mahasiswa STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi melaksanakan KKL di berbagai desa di setiap Kabupaten Sergai dan Batubara. Agenda utama yang akan dilakukan oleh mahasiswa yaitu menumbuhkan kembangkan potensi dan kreativitas masyarakat desa berbasis tarbiyah.

 

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kakan Kesbangpol Sergai Drs. Nasrul Azis Siregar, Ketua STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi Dr. Ficki Padli Pardede, MA, dan para Camat. (Media Center Sergai).

 

 

 

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Hans

Admin : Chan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

570 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *