Pemkab Sergai – PT. Socfindo Sinergi Bangun Sektor Pertanian

Dolok Masihul,

Apresiasi disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya kepada PT. Socfindo pasca penyerahan pupuk NPK sebanyak 89 ton kepada 12 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Sergai, di Kantor Kepala Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul, Selasa (1/8/2023).

“Gapoktan yang menerima bantuan total mengelola lahan seluas 1.786 Ha. Hari ini, bantuan pupuk NPK tersebut diserahkan oleh pihak Socfindo secara simbolis kepada Gapoktan yang berasal dari wilayah Matapao, Bangun Bandar, dan Tanah Besih,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, pupuk merupakan bagian penting dalam proses produksi petani. Dengan hadirnya bantuan ini, dirinya berharap para petani diringankan sekaligus dapat memanfaatkan penggunaannya semaksimal mungkin. Ia juga menyebut, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PT. Socfindo yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasionalnya.

“Apa yang kita saksikan hari ini merupakan bentuk sinergi dan simbiosis positif antara perusahaan dan masyarakat. Untuk membangun sebuah daerah, tidak bisa hanya mengandalkan upaya satu pihak, tapi diperlukan kerja sama yang erat. Perusahaan memberi manfaat dan kepedulian kepada masyarakat dan di saat yang sama masyarakat juga mendorong dan mendukungan perusahaan,” kata Darma Wijaya.

Ia menyebut, ada banyak hal yang bisa dijajaki untuk mewujudkan sinergi antara perusahaan dan masyarakat.

Contohnya saja warga sekitar perusahaan dapat membantu menghindari aktivitas yang merugikan perusahan seperti pencurian hasil kebun, sehingga hal tersebut akan berdampak pada peningkatan hasil kebun dan pada akhirnya dana corporate social responsibility (CSR) atau dana tanggungjawab sosial perusahaan yang nantinya disalurkan akan meningkat. Hal ini, sambungnya, juga akan berdampak pada bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) yang diterima oleh pemerintah daerah sangat berguna dalam pembangunan.

“Sinergi ini pada akhirnya menguntungkan semua pihak,” tandasnya.

Sementara itu mewakili PT Socfindo, Group Manager II Erikson Ginting, menyebut bantuan yang pihaknya berikan merupakan upaya untuk memajukan sektor tani di Kabupaten Sergai.

“Pemberian bantuan ini dari PT Socfindo Kebun Matapao, Kabun Bangun Bandar, dan Tanah Besih. Total ada sekitar 1.417 petani yang tergabung dalam pemberian bantuan ini,” ucapnya.

Ia merinci, 89 ton pupuk tersebut 26.450 kg di antaranya diberikan kepada 3 kelompok tani dari Kebun Matapao dengan jumlah 226 petani, Kebun Bangun Bandar 47.050 kg yang terbagi untuk 4 Gapoktan dengan jumlah petani 729 dan terakhir Kebun Tanah Besih 15.800 kg disebar kepada 1 gapoktan dan 4 kelompok tani dengan total 462 petani.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian Sergai Dedy Iskandar, SP, MM. (Media Center Sergai).

Teks/Editor: Ardi/Rini Ry

Reporter : Tim Media Prokompim

Admin : Julia

867 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *