Pemkab Sergai Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023

Sei Rampah,

Untuk memperkuat sinergi menghadapi inflasi Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2023, yang diselenggarakan secara nasional, Kamis (31/8/2023).

Ditemui di ruang kerjanya di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menyampaikan Rakornas Pengendalian Inflasi adalah pertemuan tahunan tingkat nasional berkaitan dengan koordinasi pengendalian inflasi.

“Pertemuan ini diinisiasi oleh TPIP dan dididukung oleh 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, termasuk TPID Kabupaten Sergai. Bank Indonesia dan Pemerintah (Pusat dan Daerah) bekerja sama melalui TPIP dan TPID untuk menjaga agar harga-harga tetap stabil dan mencapai target inflasi nasional, meskipun sedang dihadapkan pada berbagai risiko inflasi dan tantangan terkait ketahanan pangan,” ucap Bupati.

Dikatakan oleh Darma Wijaya, Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 diselenggarakan secara hybrid di Istana Negara dan dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

“Tema utama Rakornas tahun ini adalah “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan”. Rakornas ini bertujuan mendorong kepala daerah dan TPID untuk menyinergikan kebijakan stabilisasi harga dan ketahanan pangan nasional dengan kebijakan pemulihan ekonomi di daerah,” jelasnya lagi.

Bupati Sergai menyampaikan, dalam Rakornas ini presiden menyampaikan kabar baik Presiden Joko terkait inflasi di Indonesia yang relatif terkendali dan lebih rendah dibandingkan negara-negara lain di dunia.

“Alhamdullilah, inflasi secara nasional cenderung terkendali di angka 3,08% di Juli 2023. Ini sebuah angka yang sangat baik sekali menurut Bapak Presiden dibandingkan misalnya dengan negara-negara lain seperti Argentina inflasinya 113%, Turki 47%, India 7,4%, Uni Eropa 5,3%, dan bahkan AS ada di atas kita di angka 3,2%,” terangnya.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju hadir dalam pertemuan tahunan tingkat nasional ini, antara lain Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Selain itu, hadir pula Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Secara terpisah di Sergai, Rakornas ini diikuti secara daring oleh para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan perwakilan OPD terkait.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter: Irfan YE

Admin : Julia

712 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *