Resmikan Pabrik Es, Bupati Sergai Optimis Nelayan Sergai Makin Sejahtera

Sei Rampah,

Nelayan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mendapat kabar gembira. Pasalnya hari ini, Jumat (3/11/2023) Bupati Sergai H. Darma Wijaya meresmikan pabrik es PT. Sergai Pilar Utama yang berdiri di Dusun VI, Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah.

Di acara peresmian, Bupati Sergai menyampaikan selamat dan sukses atas beroperasinya PT. Sergai Pilar Utama. Menurut Bupati, eksistensi pabrik es ini merupakan hal yang sudah sejak lama diidam-idamkan masyarakat Sergai terutama mereka yang berprofesi sebagai nelayan.

“Kita tahu bersama kebutuhan akan es sebagai penting dalam industri perikanan. Es ini sangat penting dalam menunjang pekerjaan nelayan dalam menangkap ikan di laut,” ujar Bupati.

Ia menjelaskan kalau ada lebih dari 10.000 nelayan yang ada di Kabupaten Sergai dan kurang lebih ada 1.500 perahu yang beroperasi. Dengan adanya pabrik es ini, maka kebutuhan nelayan bisa terpenuhi karena pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi hingga 2.000 batang es, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain membantu nelayan memenuhi kebutuhan es, keberadaan PT. Sergai Pilar Utama ini juga berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan lokal.

“Tentu pabrik es ini akan menyerap tenaga kerja yang utamanya berdomisili di sekitar operasional perusahaan. Dengan begitu, roda perekonomian akan bergerak lebih dinamis dan mampu berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat,” ucapnya seraya menambahkan agar masyarakat memberi dukungan terhadap iklim berinvestasi yang baik di Sergai.

Pimpinan PT. Sergai Pilar Utama, Arman Chandra, mengucapkan apresiasi tinggi kepada Pemkab Sergai yang telah memberikan kemudahaan bagi perusahaannya untuk berinvestasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Pabrik es ini akan punya tujuan untuk mempermudah nelayan dalam mengakses es batu yang berguna bagi operasionalnya. Mudah-mudahan tujuan ini bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat setempat, Salamudin, atas berdirinya pabrik es tersebut.

“Dibandingkan dulu, tentu nelayan akan semakin mudah mendapatkan es batu dengan biaya yang juga lebih rendah,” katanya.

Di Sela-sela acara peresmian yang turut dihadiri oleh Dandim 0204 DS Letkol. Czi. Yoga Febrianto, SH, M.Si, para Kepala OPD, Kepala Desa Sei Rampah, tokoh agama, tokoh masyarakat tersebut, Bupati Sergai menyerahkan tali asih kepada anak yatim.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Jefri

Admin : Julia

 

 

 

812 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *