Sinergi Wujudkan Sergai yang Religius, Bupati Gelar Sejumlah Audiensi

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima audiensi sejumlah pihak di ruang kerjanya di Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (21/11/2023).

Audiensi kali ini menjadi lebih istimewa karena didominasi kelompok masyarakat dan lembaga yang bernuansa religius, yaitu pengurus Ikatan Pelajar Al-Washliyah (IPA) Kabupaten Sergai, Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sergai.

Selanjutnya Pengurus Daerah Persekutuan Gereja-Gereja Pentaskota (PD PGPI) Kabupaten Sergai, dan Badan Pembina Mualaf (BPM) Kabupaten Sergai. Selain itu, Bupati juga beraudiensi dengan peserta terpilih dari SMAN 1 Pantai Cermin yang merupakan Delegasi Sumatera Utara (Sumut) untuk mengikuti Forum Pelajar Indonesia ke-12 yang diselenggarakan oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF).

Pada kesempatan pertama, Bupati Darma Wijaya bertemu dengan pengurus IPA Kabupaten Sergai. Kehadiran pengurus IPA ini untuk menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada 10 Desember mendatang. Kegiatan tersebut akan diisi dengan silaturahmi, doa, zikir bersama, dan santunan kepada anak yatim.

Mengomentari kegiatan yang akan dilaksanakan oleh IPA Kabupaten Sergai itu, Bupati Sergai menyatakan memberi dukungan penuh terhadap setiap kegiatan yang memberi dampak positif terhadap masyarakat.

Bupati juga mengapresiasi anak muda Sergai yang tergabung dalam IPA yang punya inisiatif menggelar kegiatan tersebut.

“Saya berharap dapat menelurkan berbagai inovasi. Kami juga berharap anak muda Sergai dapat lebih mandiri dan kreatif,” ujarnya.

Secara khusus Darma Wijaya juga berharap kegiatan yang akan dihelat oleh IPA Sergai dapat juga diisi dengan sunat massal.

“Kalau bisa kegiatan jangan hanya zikir, namun dapat ditambahkan dengan sunat massal agar masyarakat sekitar dapat terbantu,” katanya.

Kemudian Bupati juga berkesempatan menerima audiensi dari Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sergai. Kehadiran pihak STIT Sergai ini bertujuan untuk menyampaikan rencana pihaknya untuk menyelenggarakan wisuda sebanyak 45 mahasiswa/i pada 25 November mendatang. Wisuda ini menjadi istimewa karena akan menjadi kali pertama dilaksanakan. Pihak STIT yang diwakili oleh Suito, S.Ag, juga menyampaikan permintaan agar Bupati Sergai berkenan hadir dalam acara wisuda dan mengizinkan pelaksanaan wisuda tersebut di Aula Sultan Serdang.

Bupati Sergai menanggapi positif rencana pelaksanaan wisuda STIT Sergai tersebut. Dirinya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada STIT Sergai atas perannya dalam pengembangan sumber daya manusia di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kami tentu bersyukur karena ini adalah momen penting bagi STIT Sergai yang akan mewisuda angkatan pertamanya. Kami juga akan memberi dukungan perihal hal-hal yang diperlukan untuk persiapan acara wisuda nanti dan silakan menjalin komunikasi dengan pihak terkait di Pemkab Sergai,” ujarnya.

Selanjutnya Darma Wijaya menerima kehadiran pengurus PGPI Sergai yang bermaksud memperkenalkan pengurus baru yang dilantik pada 30 September 2023 lalu. Ketua PGPI Sergai Pendeta Herry P. Manalu, M.Th, di kesempatan ini menyebut ada sekitar 200 gereja yang tergabung dalam organisasinya. Ia menyebut pihaknya siap mendukung Pemkab Sergai terutama dalam mewujudkan Sergai yang Religius.

Merespons pernyataan tersebut, Darma Wijaya menegaskan pihaknya memberi dukungan terhadap pengurus PGPI yang baru dilantik.

“Semoga visi-misi kepengurusan PGPI yang baru ini dapat selaras dengan visi-misi kami sehingga tujuan kita menjadikan Sergai yang religius dapat tercapai,” ucapnya.

Pada audiensi di kesempatan lain, Bupati bertemu dengan pihak BPM Kabupaten Sergai. Bupati Darma Wijaya memberikan sambutan positif terhadap kehadiran BPM yang berfokus pada pembinaan mualaf. Ia berharap BPM dapat bersinergi dengan Pemkab Sergai untuk menciptakan masyarakat yang religius.

“Saya juga mengapresiasi pembentukan BPM dan berharap program-programnya dapat mendukung visi misi Pemkab Sergai,” ucap Bupati.

Sebelumnya Ketua BPM Sergai, Andi Ginting, menyatakan bahwa organisasi ini masih berfokus di Kecamatan Dolok Masihul. Harapannya, BPM dapat terbentuk di setiap kecamatan/desa untuk memudahkan pembinaan terhadap mualaf.

“BPM Sergai baru terbentuk pada 29 Juni 2023 dan telah membina 11 mualaf. Visi BPM Sergai adalah menjadikan mualaf tetap istiqomah dalam agama Islam, memahami ajaran Islam dengan baik, mandiri secara ekonomi, dan hidup dengan keyakinan yang kuat,” katanya.

Terakhir, Darma Wijaya menemui 2 siswa yang terpilih mengikuti Forum Pelajar Indonesia ke-12 di Jakarta dari SMAN 1 Pantai Cermin. Kedua siswa itu adalah Muhammad Rafil Pratama Artha dan Ardiansyah.

Forum Pelajar Indonesia sendiri merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh ISYF sejak 2009 dan diikuti oleh 150-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA se-Indonesia. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai 18-22 Desember.

Bupati Sergai memberikan apresiasi kepada para guru yang telah berhasil mendidik para siswanya untuk menghasilkan prestasi yang membanggakan untuk daerah Sergai, mengingat Sumut diwakili oleh dua pemuda Sergai.

“Tentunya kami siap mendukung anak-anak kita ini dan berharap dapat terus berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam kegiatan pertukaran pelajar. Setelah selesai SMA, kami juga akan berkoordinasi dengan Kadis Pendidikan, Bapak Suwanto, agar keduanya bisa mendapatkan beasiswa kuliah S1,” katanya.

Rangkaian Audiensi ini diikuti oleh para pengurus organisasi dan lembaga, para Asisten, Staf Ahli, dan Kepala OPD terkait. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

 

447 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *