Registrasi Kerja Sama Media Massa di Sergai Berbasis Online lewat “ROMS Manja”

Serdang Bedagai

Sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan publik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) meluncurkan program registrasi online kerja sama media massa dengan Pemkab Sergai yang disingkat dan dinamai “ROMS Manja” atau singkatan dari Registrasi Online Media Massa di Genggaman Anda.

“Program ini sendiri ditujukan untuk mengalihkan format sebelumnya yang berjalan manual menjadi dalam jaringan (daring). Dalam pelaksanaanya, media massa yang ingin menjalin kerja sama dengan Pemkab Sergai lewat Dinas Kominfo dapat mendaftarkan diri lewat aplikasi web yang dapat diakses di portal E-Gov Pemkab Sergai atau langsung di www.roms.serdangbedagaikab.go.id,” jelas Kepala Dinas Kominfo Sergai, Ingan Malem Tarigan, SE, ketika ditemui di Kantor Dinas Kominfo di Sei Rampah, Kamis (7/12/2023) pekan lalu.

Ingan Tarigan menerangkan, pada tahapannya perwakilan media massa dapat melakukan registrasi akun dan mengunggah berkas yang dibutuhkan sesuai ketentuan pada masing-masing kolom yang tersedia di situs ROMS Manja dan berkas kemudian akan diproses untuk diverifikasi oleh tim verifikator.

“Ada 12 syarat yang wajib diunggah oleh lembaga media massa sesuai dengan keterangan yang sudah tercantum di pengumuman yang dirilis. Masing-masing lembaga wajib melengkapi seluruh berkas yang dibutuhkan dengan ketentuan maksimal ukuran file unggah sebesar 1MB,” paparnya lagi.

Dirinya menyebut, konversi ini merupakan langkah yang cukup inovatif karena menjadi solusi bagi beberapa kendala yang kerap dihadapi dan usaha adaptif Dinas Kominfo terhadap perkembangan situasi pandemi saat ini.

“Ada empat dampak positif utama yang akan didapatkan dengan peralihan ini. Pertama, tentu lebih memudahkan lembaga media dari segi jarak dan waktu dalam menjalin kerjasama. Lalu peralihan ini juga mendukung penerapan protokol kesehatan terutama jaga jarak fisik karena sifatnya daring. Selanjutnya ini juga jadi solusi isu lingkungan karena menggiatkan administrasi yang paperless. Dan juga yang tak kalah penting, dokumentasi dan pengarsipan jadi lebih mudah dan tidak memakan ruang karena data akan diarsipkan secara online lewat fasilitas online drive atau cloud,” tutur Kadis Kominfo.

Ingan Malem berharap dan optimis penerapan registrasi kerja sama media massa berbasis online ini akan meningkatkan kualitas pelayanan Dinas Kominfo Sergai ke depannya. “Ini merupakan inovasi pionir dalam kerja sama media massa bagi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dan kami berharap ini juga akan menjadi pilot project bagi mekanisme yang sama di daerah lain,” pungkasnya.

33 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *