Geliat Perekonomian Pelaku Usaha Melalui Bazar UMKM pada Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai

Perhelatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) baru saja usai. Kini usia Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat semakin dewasa.  Beragam kemajuan potensi dan peningkatan pembangunan telah dicapai diberbagai bidang.

Secara beratahap, pembangunan infrastruktur terus digenjot di berbagai daerah. Pelayanan publik dan sarana prasarana di berbagai sektor terus mengalami perubahan dan peningkatan yang semakin baik.

Kini diusianya yang ke dua dasawarsa, Kabupaten Sergai yang punya visi Serdang Bedagai Mandiri, Sejahtera dan Religius tersu memacu geliat pembangunan dan perekonomian untuk masyarakatnya.

Saat menjelang Hari Jadi Kabupaten Sergai yang digelar di alun-alun Di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah tepatnya di depan Masjid Agung Sergai, semarak acara kian meriah. Kehadiran ratusan pelaku  Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) disambut oleh antusias masyarakat yang hadir di sana.

Berdasarkan informasi dari Ketua Seksi Bazar UMKM pada Hari jadi ke-20 Kabupaten Sergai, H.Ikhsan yang juga sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan UKM membeberkan bahwa kegiatan Bazar berlangsung dari tanggal 3-7 Januari 2024, terdata sebanyak 112 Pelaku UMKM dan 52 pedagang dadakan dengan total 164 pelaku usaha (pedagang).

Beragam jenis kuliner dijajakan di sana antara lain, misop, bakso, rujak, siomay, sate, aneka jenis minuman serta cemilan lainnya  hingga permainan anak-anak memenuhi lokasi bazar UKM yang disediakan gratis oleh panitia.

“Data yang kami peroleh secara keseluruhan berdasarkan informasi dari para pedagang, total omzet penjualan yang mereka dapatkan dari tanggal 3-7 Januari hingga pukul 22:00 sebesar Rp502.539.500,” terang Ikhsan, Senin (8/1/2024) di ruang kerjanya di Kantor Dinas Nakerkop dan UKM di Komplek Bumi Sergai Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Adapun rincian penghasilan dari Bazar dan UKM, sejak 3 Januari putaran uang Rp. 88.003.000, 4 Januari putaran uang Rp. 100.326.000, 5 Januari putaran uang Rp. 96.574.500. Kemudian memasuki  tanggal 6 Januari  putaran uang mencapai Rp.101.500.000 dan 7 Januari putaran uang Rp.116.136.000 dengan total omzet mencapai Rp.502.539.500, jelas Ikhsan.

Sebelumnya Herman warga Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah yang merupakan seorang pedagang sate mengaku selama berjualan di stan bazar UKM saat Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai  di Alun-alun omzetnya meningkat drastis, sehingga pendapatannya meningkat.

” Kami berharap agar Pemkab Sergai lebih sering-sering menggelar kegiatan di Alun-alun ini.  Agar kami pedagang kecil bisa sering berjualan juga di sini sehingga perekonomian kami dapat terdongkrak,” harap Herman.

Terpisah, Bupati Sergai Darma Wijaya disela-sela rutunitasnya di Komplek Kantor Bupati Sergai menyatakan bahwa semarak gebyar Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai salah satu kegiatannya difokuskan terhadap pemberdayaan pelaku UMKM.

“Kita sadari akhir-akhir ini daya beli masyarakat cenderung sedikit menurun, dengan digelarnya semarak gebyar hari jadi Kabupaten Sergai yang di pusatkan di Alun-alun dan merupakan pertama kalinya dengan menyediakan lapak gratis untuk pelaku UMKM, tentunya akan meningkatkan daya beli sekaligus mendongkrak pendapatan seluruh pelaku usaha (pedagang) yang berjualan di sini,” cetus Darma Wijaya.

Dalam momen hari jadi ke-20 Kabupaten Sergai tahun 2024 ini, lanjut Bupati Sergai, rangkaian kegiatan meliputi diantaranya  seperti turnamen olahraga, pentas seni yang menghadirkan artis lokal Sergai yang memiliki talenta dalam bernyanyi sehingga mengundang hadirnya ribuan pengunjung setiap harinya. Selain itu aneka kuliner yang ada di ratusan pelaku UMKM sehingga menjadi daya tarik masyarakat di berbagai daerah se-Sergai tertarik untuk hadir ke sana.

Dengan langkah ini lanjut  Bupati, tentunya Pemkab Sergai berharap meningkatkan kembali daya beli masyarakat, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat pula.

” Dengan kegiatan ini tentunya hari jadi ke-20, Kabupaten Sergai yang jatuh pada 7 Januari 2024 ini  benar-benar bermanfaat  khususnya dalam rangka menggairahkan UMKM di Sergai”, pungkas Darma Wijaya. (Ini Sergai Loh).

266 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *