Dua Dekade Kabupaten Sergai, Ragam Pembangunan Infrastruktur, Sosial, Budaya dan Ekoonomi Dicapai

Menapaki tahun 2024 ini, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus berpacu, bekerja dan bersinergi meningkatkan pembangunan dan perekonomian masyarakat.

Dalam perjalanan usia Kabupaten Tanah Bertuah negeri Beradat selama dua dekade ini, tentunya akan semakin dewasa dan terus menata diri, memaksimalkan potensi yang dimiliki dan tetap berupaya meraih prestasi baik di level provinsi maupun nasional.

Berkat sumber daya alam (SDA) serta tersedianya sumber daya manusia (SDM), dan kemampuan pendanaan yang dimiliki yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten serta partisipasi swasta dan masyarakat merupakan modal besar bagi Pemkab Sergai dalam melaksanakan pembangunan disegala bidang.

Tak dapat dipungkiri jika pembangunan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Sergai memberikan perubahan dan dapat dilihat serta rasakan bersama baik dari aspek pembangunan fisik maupun dari aspek pembangunan sosial budaya dan ekonomi. Capaian pembangunan yang telah diraih ini juga merupakan buah dari kebersamaan dan kerja keras semua pihak.

Seperti yang dikemukakan Bupati Sergai Darma Wijaya saat Rapat Paripurna DPRD pada 7 Januari 2023 lalu, terkait capaian panjang pembangunan yang telah dilaksanakan selama tahun 2023, antara lain; pembangunan jalan kabupaten sepanjang 64,9 km, pembangunan jaringan irigasi, jembatan, saluran drainase, jalan produksi pertanian, jalan usaha tani, rumah tidak layak huni, akses sanitasi layak dan aman, akses air minum layak, Rice Milling Unit (RMU).

Selain itu juga dibangun ruang kelas baru dan rehabilitasi ruang kelas, ruang guru dan ruang UKS, ruang perpustakaan dan toilet, ruang laboratorium komputer dan ruang laboratorium IPA, area bermain luar ruang PAUD, pembangunan/rehab rumah sakit berupa gedung rawat inap, ruangan haemodialisi (HD), rehab ruangan cateterisasi jantung (Cath Lab), rehab ruangan CT Scan (radiologi) dan penambahan alat kesehatan Cath Lab, CT scan dan Ekokardiografi, rehab balai penyuluhan KB dan rehab gudang alat dan obat kontrasepsi.

Disampaikan Bupati jika selain pembangunan fisik, Pemkab Sergai juga telah menambah aset daerah seperti pengadaan tanah dari eks hak guna usaha (HGU) perusahaan perkebunan yang sudah dimanfaatkan salah satunya untuk Alun-alun Kota yang selama ini belum kita miliki dan hari ini sudah bisa kita gunakan sebagai tempat Perayaan Hari Jadi Kabupaten Sergai yang ke-20.

Sasar Pembangunan Aspek Sosial, Budaya dan Ekonomi

Pemkab Sergai juga tak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur semata, aspek sosial budaya dan ekonomi. Pembangunan tersebut termasuk pemberian bantuan penyediaan permakanan kepada masyarakat miskin, bantuan iuran jaminan kesehatan daerah, kursi roda, makanan tambahan kepada balita gizi kurang dan ibu hamil kurang energi kronik.

Selanjutnya pelaksanaan event-event kebudayaan, pelatihan tenaga kerja dan pembinaan UMKM, bantuan kapal penangkap ikan dan alat penangkapan ikan ramah lingkungan, pembangunan bak pemijahan induk dan pengadaan sarana prasarana budidaya ikan air payau dan sarana budidaya air tawar, bantuan saprodi berupa pupuk organik dan alsintan berupa pompa air, cultivator, handsprayer dan rice transplanter.

Prestasi sepanjang tahun 2023

Sepanjang tahun 2023, beberapa capaian Pemkab Sergai yang diraih baik dalam tingkat provinsi maupun nasional, yang di antaranya yaitu Anugerah Meritokrasi, Anugerah Kebudayaan PWI, Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK), Penghargaan Kabupaten Informatif, Penghargaan Harganas, Penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan kategori A (kualitasi tertinggi) dari Ketua Ombudsman RI, Kabupaten Layak Anak, opini WTP, dan peringkat II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Sedana dengan Bupati, Wabup Sergai H Adlin Tambunan menyebut jika kedepannya tantangan semakin berat, perlu kerja keras. Oleh karenanya diperlukan semangat kebersamaan dalam melaksanakan kerja tersebut.

Baik Bupati maupun Wabup, keduanya berharap di tahun-tahun mendatang, pembangunan yang akan dilaksanakan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menghadirkan pemerataan pembangunan di semua sektor dan semua wilayah, berupa peningkatan akses dan kualitas pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan, pengelolaan SDA dan lingkungan hidup, penyediaan lapangan kerja dan pengembangan umkm.

Selain itu, perlunya menerapkan Good Governance dan Reformasi Biroksi. Kita perlu melakukan peningkatan kinerja dan budaya kerja nyata, berdisiplin dan profesionalisme dari semua jajaran aparatur pemerintahan yang menjadi pemikir, perencasila dan pelaksana pembangunan itu sendiri.

Kita semua harus bergandengan tangan, karena keberhasilan pembangunan yang kita laksanakan akan tetap memerlukan keterlibatan seluruh stake holder baik eksekutif, legislatif serta masyarakat dan pihak swasta,” lanjutnya.

Jaga kondusivitas di tahun politik

Tahun 2024 merupakan tahun politik, Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan berharap seluruh elemen dapat ,menciptakan suasana daerah yang kondusif jelang Pemilu.

Keduanya berharap seluruh elemen masyarakat bersama jajaran pemerintahan tetap menjaga kondusivitas selama pelaksanaan pesta demokrasi nantinya.

“ mari kita jaga kondusivitas di tahun politik ini. Semoga Pemilu berjalan lancar, aman dan damai,” harap Bupati. (Ini Sergai Loh).

 

 

 

 

 

308 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *