Keren, Putri Handayani Asal Sergai Jadi Orang Pertama Indonesia Jelajahi Kutub Selatan

Keren dan membanggakan, Dian Syahputri Fitri Handayani akrab disapa Putri Handayani menjadi orang Indonesia pertama yang baru saja menginjakkan kakinya di titik paling selatan bumi di Kutub Selatan, Antartika pada 28 Desember 2023, pukul 13.00 siang waktu Punta Arena, Cile.

Perempuan kelahiran Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara ini berhasil mengibarkan bendera di tempat ia berhasil mencapai pendakiannya. Bersama dengan bendera milik negara-negara lainnya di dunia, Putri Handayani menancapkan sang merah putih dinsana dengan berjalan menggunakan ski.

Tak hanya itu, Putri pun akan melanjutkan perjalanannya untuk menjelajah ke kutub utara. Dilansir dari travel.detik.com, Putri menjelaskan bahwa Ia sungguh bersyukur bisa sampai ke titik ini. Apalagi setelah mengalami sendiri angin dingin yang ekstrem, berjalan tertatih-tatih dengan ski dan akhirnya sampai ke Ceremonial South Pole. Lelah, haru dan bangga, semua perasaan itu campur aduk, Jika diingat belum pernah ada orang Indonesia yang sampai sini,” ujarnya saat menyambangi Gedung Kemenpora pada 19 Januari 2024 di Jakarta.

Kutub Selatan menjadi titik ekstrem keenam yang dijejaki oleh Putri. Lima titik lain adalah Gunung Kilimanjaro pada Februari 2016, Gunung Carstensz Pyramid pada Agustus 2016, kemudian Gunung Elbrus pada Juli 2017, Aconcagua pada Februari 2018, dan Denali pada Juni 2022.

          Putri menyebut jika di Indonesia tentu Papua menjadi tujuannya. Ia pun menceritakan pendakian diawali di grand slam dengan menggunakan dana pribadi dan hanya ikut pendakian massal terbuka. Tak hanya sekadar mendaki gunung, Putri juga membuat 70 ruang kelas di kaki gunung yang ia daki, kata Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Sejak berumur 13 tahun dia sudah menyukai kegiatan outdoor dan sudah menggeluti aktivitas mendaki gunung, berlari bahkan memanjat tebing dan dinding.

Berawal dari aktifnya dalam mendaki gunung saat mengikuti kegiatan pramuka di bangku Sekolah Menengah Pertama. Setelah itu menjadi hobi yang akhirnya membulatkan tekad untuk mendaki Gunung Sibayak di Sumatera Utara hingga berhasil mencapai puncaknya.

Seiring berjalannya waktu, kecintaan Putri terhadap dunia petualangan pun mulai tumbuh. Menurutnya, ada banyak manfaat yang dapat dia rasakan, seperti pola hidup sehat dan pencapaian berharga yang membuatnya percaya diri.

          Di dunia pekerjaan., Ia pernah bekerja pada perusahaan teknologi dan jasa minyak di Qatar. Dia termasuk segelintir perempuan yang bekerja di industri yang didominasi oleh kaum lelaki.

          “ Inilah bukti jika perempuan itu bisa nultitalenta, bisa tetap berkarya dan berpetualang’ ujarnya saat itu.

          Meski disibukkan dengan beragam aktivitas, tak membuat Putri malas untuk melanjutkan pendidikannya. Sembari berpetualang dan bekerja yang penuh tantangan, namun pendidikan tetap menjadi prioritasnya.

          Putri tetap melanjutkan studi hingga meraih gelar Master of Business Administration (MBA) dari Universitas Pittsburgh. Ini pencapaian yang luar biasa meski kesibukan menderanya, namun tetap bisa meraih gelar tersebut.

          Misinya tak hanya mengharumkan nama nnegara Indonesia di dunia pendakian, akan tetapi ingin membuktikan bahwa perempuan Indonesia bisa mencapai puncak dunia, dalam pekerjaan dan pendakian.

Semoga sukses Putri bisa memberi inspirasi untuk putri-puti lainnya di Indonesia bahkan di dunia dalam mengejar dan mewujudkan mimpinya. Yuk tetap semangat, Putri menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia. (Berbagai Sumber/Ini Sergai Loh).

Biodata Singkat       : Putri Handayani

Nama lengkap         : Diansyah Putri Fitri Handayani

Nama panggilan      : Putri Handayani

Tempat Lahir           : Desa Kota Galuh, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai

Tanggal Lahir : 22 Maret 1983

Pekerjaan               : Engineer

Hobi                       : Mendaki gunung

Instagram               : @putri.handayani22

YouTube                 : @jelajahputri7560

1.313 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *