Tangkal Dampak Hama Wereng, Petugas Penyuluh Pertanian Serba Jadi Edukasi Petani Gunakan Insektisida

Serba Jadi,

Kegiatan penyuluhan perlindungan tanaman terhadap hama adalah hal yang penting untuk dilakukan, salah satunya untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Hal tersebut terlihat saat Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Kabupaten Sergai, Marsudi bersama dengan Mantri Tani Kecamatan Serbajadi Jaya Perkasa SP dan Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT–PHP) Tetra Sagala, SP, melaksanakan penyuluhan tentang pengamatan dan pengendalian hama, khususnya gerakan pengendalian hama wereng batang coklat, dengan menggunakan insektisida Applaud.

Penyuluhan ini dilaksanakan di Kelompok Tani (Poktan) Harapan Maju, Desa Pulau Tagor, Kecamatan Serbajadi, Rabu (31/1/2024). Dalam sesi penyuluhan, Marsudi dan Tetra Sagala memberikan informasi terkini seputar pengamatan dan pengendalian hama yang dapat mengancam hasil panen petani.

Di sela-sela kegiatannya, Marsudi menyampaikan kalau kegiatan penyuluhan ini selain untuk meningkatkan produktivitas pertanian, juga bertujuan agar memastikan pentani menggunakan insektisida yang efektif.

“Lewat penyuluhan ini kami juga memfasilitasi pertukaran pengalaman serta mendukung petani secara keseluruhan,” terang Marsudi.

Dirinya menyebut, penggunaan insektisida Applaud, yang merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Sergai, menjadi salah satu upaya pencegahan serangan wereng batang coklat yang dapat merugikan hasil pertanian.

“Dengan adanya bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sergai, diharapkan petani mampu mengimplementasikan langkah-langkah pengendalian hama tersebut secara efektif,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian Dedy Iskandar, SP, MM, berharap agar para petani di Sergai dapat mengoptimalkan hasil panen mereka dengan meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh serangan hama, khususnya wereng batang coklat.

“Kami juga tak lupa mengapresiasi para PPL yang telah berupaya mengedukasi petani di Sergai. Semoga PPL kita bisa tetap menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya demi kemajuan sektor pertanian di Sergai,” harapnya. (Media Senter Sergai/Ardi/Rini Ry).

561 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *