Masuk ke Tahap II PPD 2024, Bupati Sergai Paparkan Inovasi “Si Akang Gembul”

Medan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya mengikuti Penilaian Tahap II yaitu Tahapan Verifikasi dan Wawancara pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Prof. R. Hadibroto, Kantor Bappedalitbang Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Medan, pada Selasa (13/2/2024). Penilaian ini merupakan lanjutan dari berhasilnya Kabupaten Sergai melewati Tahap I Penilaian Dokumen PPD Tingkat Kabupaten/Kota.

Pada kesempatan ini, Bupati Sergai mempresentasikan inovasi Kabupaten Sergai yang dinamakan Si Akang Gembul (Sapi Ternak di Kandang Gemuk Berkumpul).

“Secara garis besar, program ini untuk mengatasi persoalan terus berkurangnya peternak sapi di Kabupaten Sergai yang berakibat defisitnya daging sapi di daerah ini, maka Pemkab Sergai bekerjasama dengan pihak perkebunan, para peternak sapi dan para pemodal melakukan musyawarah untuk mengatasi permasalahan ini. Dari musyawarah itu lahirlah program si Akang Gembul,” ucapnya.

Bupati menyebut, Sergai memiliki potensi peternakan yang besar. Untuk itu, program si Akang Gembul punya peranan penting dalam meningkatkan stok daging sapi.

Ia menuturkan, program ini punya potensi untuk menambah berat badan 0,5-0,7 kg/ hari selama 6 bulan atau sekitar 90 kg/ekor untuk sapi lokal. Sedangkan untuk sapi unggul hasil inseminasi buatan potensi penambahan berat-badan kurang lebih 1 kg/hari selama 6 bulan atau sekitar 180 kg/ekor.

“Program ini punya banyak sekali dampak positif bagi masyarakat. Misalnya berkontribusi sekitar 4% terhadap produksi daging di Sergai. Selain itu, program ini menyerap tenaga kerja, meningkatkan keterlibatan kelompok milenial di bidang peternakan, dan tentunya secara ekonomis berdampak besar pada peningkatan pendapatan peternak,” ujarnya.

Masih lanjut Bupati, program si Akang Gembul adalah bukti pemerintah hadir di tengah masyarakat terkhusus kepada peternak sapi ini. Dirinya berharap program ini berlanjut dan berkembang sehingga Kabupaten Sergai bisa mencapai status swasembada daging bahkan bisa menyuplai kabupaten/kota di sekitar Sergai.

“Saya juga sangat berharap para milenial Sergai semakin cinta akan kabupaten ini dengan terus mengembangkan peternakan sapi ini secara berkelompok, jangan berpikir tamat kuliah cari kerja, menjadi wirausahawan seperti peternak sapi bisa menjadi alternatif pilihan untuk masa depan. Pemkab Sergai Insya Allah akan terus membantu dan memfasilitasi masyarakat kususnya generasi muda milenial dalam hal apapun khususnya hal positif untuk kemajuan masyarakat,” tandasnya.

Tahap II PPD Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2024 ini diikuti oleh 10 kabupaten/kota dimana indikator penilaiannya yaitu pencapaian, kualitas dokumen, proses penyusunan dokumen, dan inovasi.

Turut mendampingi Bupati Sergai dalam kegiatan ini di antaranya Sekdakab Sergai M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Kadis Ketapang Sergai Kamaluddin, M.MA, Kepala Bappendalitbang Sergai. Rusmiani Purba, SP, M.Si,serta turut dihariri tim penilai, dan perwakilan Pemprovsu.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Jefri

Admin : Julia

630 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *