Kadis Kominfo Sergai Narasumber FGD Pembinaan Statistik Sektoral  

Sei Rampah,

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Kominfo Sergai) Ingan Malem Tarigan didaulat menjadi narasumber dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral Peningkatan Kualitas Data Sergai dalam Angka Tahun 2024 yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Sergai bertempat di aula Sultan Serdang (2/22/2024).

Dalam paparannya, ia menjelaskan bahwa data sangat penting sebagai acuan dalam merumuskan kebijakan publik, sehingga data yang tersedia harus berbasis fakta menggunakan kajian ilmiah serta dapat dipertanggung jawabkan.

” Peran data sangat sentral dalam perumusan kebijakan publik sehingga kita wajib menyediakan data yang berbasis fakta dengan pendekatan ilmiah dan dapat kita pertanggungjawabkan , sehingga data yang dikeluarkan menjadi valid, aktual dan terpercaya” ujarnya.

Kemudian ia juga menjelaskan bahwasanya Dinas Kominfo Sergai memiliki tugas sebagai wali data yang bertugas untuk mengumpulkan, melaksanakan pemeriksaan, dan pengelolaan data yang disampaikan oleh produsen data serta menyebarluaskan informasi dan data kepada publik.

“Dinas Kominfo sebagai wali data itu bertugasmelaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan data serta menyebarluaskannya kepada masyarakat sehingga diharapkan sinergi yang baik dengan produsen data, BPS dan Bappeda dapat terjalin dengan baik”, lanjutnya.

Dikatakan Ingan juga bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika sedang berfokus untuk mengembangkan portal satu data untuk meningkatkan kualitas layanan dan penyederhanaan birokrasi dalam penyajian data.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan pemanfaatan data, Pemkab Sergai saat ini sedang dikembangkan portal satu data, nantinya portal ini akan menyajikan berbagai macam data yang kami himpun untuk memudahkan kita dalam mengelola dan menyebarluaskan data” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh yang mewakili unsur Forkopimda, Staf ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Zulfikar, Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM dan yang mewakili dari perangkat daerah Jajaran Pemkab Sergai.

Teks/Reporter : Hans

Editor : Lenti

Admin : Julia

 

253 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *