Ketua TP PKK Sergai : “Lomba Desa Percontohan PKK diharap Tingkatkan Kinerja dan Kapasitas Pengurus”

Sipispis,

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melakukan pembinaan kepada TP-PKK Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Sergai terkait lomba desa kategori Tertib Administrasi, Pola Asuh Anak Remaja (PAAR), Hatinya PKK, dan IVA Test tingkat Kabupaten Sergai tahun 2024. Kegiatan ini langsung dipimpin oleh Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya bersama Wakil Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan dan jajaran TP-PKK Kabupaten yang meninjau langsung di desa-desa.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Wakil Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan di sela-sela kegiatannya melaksanakan peninjauan di Desa Mariah Nagur Kecamatan Sipispis dan Kecamatan Dolok Merawan, Rabu (28/2/2024).

“Minggu lalu Ibu Ketua TP-PKK bersama saya meninjau langsung desa-desa di Kecamatan Kotarih dan Serbajadi. Sedangkan hari ini, kami beserta tim penilai hadir di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan,” jelas Wakil Ketua TP-PKK Sergai.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Ketua TP PKK berharap masing-masing desa mempersiapkan dengan baik seluruh indikator dan kategori yang dilombakan.

Dijelaskan oleh Aini Zetara, sudah ada 4 kecamatan di Sergai yang dikunjungi dalam rangka mencari desa yang paling layak dan menjadi terbaik di tahun 2024 ini yang nantinya bisa mewakili Tanah Bertuah Negeri Beradat dalam ajang tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi sekaligus mendorong, serta memberi motivasi dalam meningkatkan kinerja dan kapasitas para pengurus TP-PKK selaku mitra Pemkab Sergai. Dan juga merupakan program yang tujuannya untuk mengukur dan mengetahui sampai sejauh mana pelaksanaan kegiatan dan program PKK yang sudah dilaksanakan di semua jenjang dan tingkatan,” paparnya.

Wakil Ketua TP-PKK berharap lomba ini akan memudahkan kader dalam menyusun pertanggungjawaban setiap kegiatan yang dilaksanakan sehingga terwujud PKK desa yang berkualitas.

 

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan 10 program pokok PKK di kecamatan dan desa serta untuk mengetahui peran, fungsi, dan kinerja kader-kader PKK dalam pengembangan dasawisma dan pelaksanaan pembangunan melalui gerakan PKK,” tambahnya.

Walaupun demikian, Aini Zetara berpesan agar pembenahan yang dilakukan dalam rangka perlombaan ini selayaknya bukan semata-mata dilakukan hanya pada saat lomba saja, akan tetapi dilaksanakan setiap saat sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat sekitarnya.

“Kami berharap kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu upaya pembelajaran bagi seluruh kader sehingga PKK desa dapat berfungsi dengan baik dan saling terkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka mendukung pencapaian visi Kabupaten serdang bedagai, yaitu mewujudkan kabupaten serdang bedagai yang mandiri, sejahtera dan religius”,” tandasnya.

Pada dua kesempatan ini, Ketua TP-PKK Kecamatan Dolok Merawan Ny. Ningsih Astuti Samino dan Ketua TP-PKK Desa Mariah Nagur Ny. Lerika Joslin Saragih mempresentasikan ekspose terkait daerahnya masing-masing.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan, SE, jajaran TP-PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa, dan para kader PKK.

Teks/Editor : Ardi/lenti

Reporter : MayCen

Admin: : Julia

247 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *