Sergai Punya Lapak UMKM di Rest Area Tol Medan-Tebing Tinggi

Sei Rampah,

Kabar gembira bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Bangunan khusus untuk UMKM yang terletak di Rest Area KM 65 Tol Medan-Tebing Tinggi akan segera rampung.

Bupati Sergai H Darma Wijaya, saat meninjau lokasi pada Selasa (2/4/2024), mengatakan bahwa bangunan ini akan diprioritaskan untuk pelaku UMKM produk dodol di Pasar Bengkel yang terdampak pembangunan jalan tol.

“Syukur Alhamdulillah, bangunan ini akhirnya selesai dalam waktu dekat. Nanti lokasi ini akan diutamakan bagi pelaku UMKM di Pasar Bengkel yang mengalami penurunan omset akibat pembangunan jalan tol,” jelas Bupati Sergai.

 

Darma Wijaya menjelaskan pembangunan stan ini merupakan upaya Pemkab Sergai untuk membantu UMKM dodol di Pasar Bengkel bisa bangkit dan kembali mempromosikan produk lokal Sergai.

“Hal ini sudah kita upayakan sejak lama. Meski melalui proses panjang, syukurlah bisa terwujud juga. Nantinya lokasi ini kita gratiskan untuk UMKM Sergai,” tegas Darma Wijaya.

Sementara itu di kesempatan yang sama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sergai Roy C.S. Pane menerangkan bahwa stan tersebut diproyeksikan tidak hanya untuk produk dodol saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menjajakan produk UMKM lain.

“Produk yang dipajang dan dipasarkan adalah milik UMKM yang dibina Disperindag Sergai. Tim kami sedang mengumpulkan produk apa saja yang bisa dipasarkan dan sesuai standar,” terang Roy.

Lebih lanjut, Roy menegaskan bahwa stan ini akan dikelola oleh Disperindag dan tidak ada biaya sewa.

“Stan ini bebas biaya. Sosialisasi telah diberikan ke para pengusaha UMKM. Selain itu sudah kami lakukan juga diskusi sehingga kemudian dibuatlah sistem pemasarannya dengan titip barang. Artinya, pelaku usaha menitipkan produknya ke kami pihak Disperindag lalu kemudian kami akan bantu memasarkan produk-produk tersebut di stan Rest Area ini,” jelasnya.

Pembangunan stan UMKM ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi lokal dan mempromosikan produk-produk unggulan Sergai kepada khalayak yang lebih luas.

Teks/Editor : Ardi/Lenti
Reporter : Tim Media
Admin: Maya

215 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *