Ragam Layanan Adminduk Disdukcapil Sergai

Pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mulai menjalankan aktivitas seperti biasa. Seperti yang terlihat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sergai dihari pertama kerja, Selasa 16 April 2024 telah melakukan kegiatan rutin setiap harinya yaitu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dari pantauan Tim Ini Sergai Loh (ISL) terlihat di halaman kantor dan ruangan kerja Disdukcapi di padati masayarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukannya. Mulai dari pengurusan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte Lahir, Kartu Identitas Anak (KIA), dan masih banyak lagi.

Untuk operasi pelayanan Disdukcapil buka dihari Senin sampai Kamis pukul 08.00-16.00 WIB dan Jum’at pukul 08.00-15.30 WIB, dan untuk dihari Minggu buka di Pasar Sei Rampah pukul 10.00-18.00 WIB. Nah buat masyarakat yang ingin datang langsung mengurus administrasi kependudukannya agar datang dihari dan waktu jam operasional ya sahabat mimin serta membawa berkas atau dokumen yang lengkap, karena pengurusan dokumen bisa selesai dalam waktu satu hari, di tambah lagi mereka tampak sangat antusias Karena dalam pengurusan dokumen tidak dipungut biaya alias gratisss loh.

Bagi masyarakat yang jauh dari lokasi kantor Disdukcapil Sergai jangan khawatir sekarang Disdukcapil selalu ada di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan layanan adminduk. Disdukcapil Kabupaten Sergai juga telah meluncurkan program seperti Pelayanan Keliling Administrasi Kependuduka yaitu; memberikan pelayanan di desa dengan program Pak Cepat Yanling (Paket Cetak ditempat Pelayanan Keliling), pelaksanaan di Desa dengan berdasarkan Surat Desa kepada Kadis Dukcapil, dengan program ini tentu memudahkan masyarakat dalam pengurusannya, dan pelayanan langsung kepada orang sakit, disabilitas, lansia, dan ODGJ.

 

Tidak hanya itu saja ada juga program pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), pelaksanaannya dilakukan di Sekolah SMA/SMP/SD/TK-PAUD sederajat tentunya berdasarkan Surat Kepala Sekolah kepada Kadis Dukcapil, siswa-siswi murid berusia kurang dari 17 Tahun yang bertempat tinggal di Kabupaten Sergai. Pelayanan di Pasar Rakyat di hari Minggu. Masyarakat yang ingin berbelanja bisa mengurus dokumen kependudukannya bisa langsung datang ke pasar rakyat Sei Rampah loh.

 

Nah, untuk penerbitan KTP EL- bagi siswa-siswi SMA sederajat khusus yang berusia 16-17 Tahun keatas sebagai pemilih pemula dalam Pemilu dan Pilkada 2024 yang bertempat tinggal di Kabupaten Sergai KTP EL- bisa siap ditempat dan gratis tentunya berdasarkan Surat Kepala Sekola kepada Kadis Dukcapil dan telah menyurati Kacabdisdik Sergai Provsu untuk menyampaikan hal ini kepada SMA sederajat yang berada di Wilayah Kabupaten Sergai.

 

Tau gak sahabat mimin adalagi loh program Dukcapil yaitu aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD merupakan terobasan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk mempermudah masyarakat. Dengan adanya IKD ini kita tidak perlu membawa KTP EL- yang rawan akan hilang ataupun rusak. IKD tersimpan didalam smart phone, kemanapun kita berada akan selalu ada dalam genggaman kita. Apalagi kita masyarakat yang selalu berdampingan dengan smart phone dan tidak terlepas dari benda tersebut. Nah tunggu apalagi ayo aktifkan IKD anda dengan datang ke Disdukcapil dan Kantor Camat Setempat.

Pelayanan Disdukcapil tidak kenal waktu dan hari karena di hari libur dan diluar jam kerja mereka rela bekerja melayani masyarakat dengan sepenuh hati dalam kepengurusan kependudukan loh. Adanya program ini tentu mendapat respon positif dari masyarakat Sergai khususnya yang berada di Kabupaten Sergai. Selain mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen tentu dapat lebih efektif dan efisien. (Berbagai sumber/ISL).

190 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *