Putera Asal Sergai Torehkan Prestasi di Ajang Putera-puteri Kebudayaan Sumut Tahun 2024

Medan,

Dua orang puteri perwakilan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Rabu (24/4/2024) malam, berhasil menorehkan prestasi di Ajang Pemilihan Putera-Puteri Kebudayaan Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2024, yang diselenggarakan di Amavi Ultra lounge – Grand  Central  Premier Medan.

Adapun perwakilan asal Kabupaten Sergai yang berhasil meraih prestasi dalam ajang tersebut yakni; Tegar Aditya asal Kecamatan Dolok Masihul dinobatkan sebagai Putera Persahabatan Kebudayaan Sumatera Utara 2024 dan Krisna Jaya Negara asal Kecamatan Teluk Mengkudu masuk dalam jajaran Top 12 Putera-Puteri Kebudayaan Sumut 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai, Ingan Malem Tarigan SE dalam keterangannya disela-sela acara Pertemuan Monev SP4N Lapor di Medan, Kamis (25/4/2024) menyampaikan jika kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumut.

“ Menurut informasi yang saya terima dari Kadis Poraparbud Drs H Akmal, AP, M.Si bahwa kegiatan ini diikuti oleh kabupaten/kota se-sumut. Adapun peserta yang dipilih untuk mewakili dan mempromosikan aspek-aspek budaya tertentu, baik di tingkat lokal, nasional, atau bahkan internasional,” jelas Ingan Tarigan.

 Tak hanya itu, kata Kadis Kominfo lagi, setiap peserta harus menunjukkan pengetahuan yang baik tentang kebudayaan yang mereka wakili, termasuk sejarah, tradisi, seni, bahasa, dan nilai-nilai budaya lainnya. Mereka diuji dalam keterampilan komunikasi dan kemampuan untuk berinteraksi dengan masyarakat luas serta media,” jelasnya.

“ Kita tentu bangga terhadap Putera-puteri Sergai yang telah tampil di ajang ini hingga ke tingkat provinsi. Mereka merupakan generasi penerus yang berprestasi dan multi talenta. Harapannya mereka bisa jadi duta untuk mempromosikan dan memperkenalkan kebudayaan pada setiap kesempatan yang lebih luas, baik melalui acara-acara resmi, presentasi publik, atau media sosial,” harap Kadis Kominfo Ingan Tarigan.

 

Menurutnya partisipasi dalam kontes semacam ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi individu untuk menunjukkan kecintaan mereka terhadap budaya sendiri,  tetapi juga dapat menjadi platform untuk memperluas pemahaman dan toleransi antar budaya sekaligus melestarikan dan mempromosikan kebudayaan

Terpisah, salah satu peserta asal Sergai Tegar Aditya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai dan seluruh tim baik dari Dinas Pora Parbud Sergai maupun provinsi yang telah memberikan dukungan luar biasa selama proses ajang pemilihan Putera-puteri Kebudayaan Sumut 2024.

“ Tak lupa juga kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah memberikan dukungannya. Tanpa bantuan dan dorongan dari semua pihak, pencapaian ini tidak akan terjadi.  Oleh karenaya, kita harus bekerja sama, dan sama-sama bekerja untuk meningkatkan kesadaran tentang kebudayaan, melestarikan warisan budaya, dan memperkuat identitas budaya suatu daerah atau negara” ungkap Tegar Aditya. (Media Center Sergai)

Teks : Vichan

Editor : Rini Ry

Admin :Maya

286 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *