Wakil Bupati Sergai Hadiri Bimbingan Manasik Haji dan Pembukaan Latihan MTQ KORPRI

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan menghadiri acara bimbingan Manasik Haji Kabupaten Sergai tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi sekaligus membuka pemusatan latihan Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Sergai tahun 2024, yang dilaksanakan di Masjid Agung Sergai, Jumat (3/5/2024)

Membuka sambutannya, Wabup Sergai menyampaikan para jamaah yang mendapat kesempatan ke Tanah Suci tahun ini agar selalu bersyukur karena masih banyak yang seharusnya berangkat, akan tetapi harus tertunda keberangkatannya karena berbagai hal.

“Oleh karena itu, kepada kita semua agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah Haji, baik persiapan fisik maupun mental, juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji sehingga para jama’ah Calon Haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna,” ucapnya.

Salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan tentang Ibadah Haji, sebut Wabup, tentunya melalui kegiatan Manasik Haji secara teratur dan berkesinambungan. Dirinya berharap jama’ah Calon Haji dan Hajjah dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya selama pelaksaanaan Manasik Haji.

“Kami yakin dan percaya semua Jama’ah Calon Haji/Hajjah yang akan melaksanakan manasik haji ini tentunya berkeinginan dapat berangkat menunaikan ibadah haj dengan baik dan benar, sehingga sekembalinya dari Tanah Suci Mekkah dapat menyandang predikat sebagai haji/hajjah yang mabrur,” tambahnya.

Kepada para jama’ah calon haji, Adlin Tambunan juga berpesan agar senantiasa memiliki kesadaran, tanggung-jawab dan integritas, sebagai seorang muslim yang mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan dan menasehati, menghargai perbedaan dan toleransi, serta mengajak ber-amar ma’ruf nahi munkar.

Kemudian, Wabup Sergai menyampaikan jika pada tanggal 5-8 Mei 2024, KORPRI Provinsi Sumut akan melaksanakan MTQ tingkat Provinsi Sumut tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumut.

“Pada hari ini juga akan dilaksanakan pemusatan latihan bagi peserta MTQ KORPRI Kafilah Kabupaten Sergai tahun 2024 di Aula Masjid Agung selama 1 hari. Pemusatan pelatihan merupakan proses pembinaan dan latihan secara kontinu guna mempersiapkan para Kafilah supaya benar-benar siap tampil dengan kemampuan yang sudah dibekali oleh para pelatih,” lanjut Adlin Tambunan.

Mengakhiri sambutannya, Wabup Sergai berpesan kepada seluruh peserta bimbingan calon jamaah haji dan peserta pemusatan latihan MTQ KORPRI agar bersungguh-sunggguh mengikuti kegiatan ini. Jika menemukan hal yang tidak dimengerti atau tidak jelas, Wabup berpesan agar jangan ragu tanyakan pada pembimbing dan selalu ingat tentang teori seperti “gelas”, yakni walaupun telah mengetahui tetapi pada saat datang ke ruang belajar maka upayakan di posisi kosong, sebab gelas yang sudah penuh air, jika tetap di isi air maka akan tumpah, tetapi bila dalam posisi kosong, maka air akan terisi dengan penuh.

“Kepada para pembimbing, instruktur dan tim pelatih, kami juga berharap agar kiranya dapat menyampaikan bimbingannya dengan penuh kesabaran, kerahkanlah segenap ilmu dan pengetahuan agar peserta makin siap dan makin meningkat kemampuanya,” tandasnya.

Untuk diketahui, jumlah calon jemaah haji Kabupaten Sergai yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 322 orang.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Pj. Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM, Kakan Kemenag Sergai Zulkifli Sitorus, S.Ag, MA, Ketua MUI Sergai H. Haspul Huznain, Kadis Perikanan Dr. Klaudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes, dan para calon jamaah haji serta undangan lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Nurul/Maya

Admin : Julia

385 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *