Bunda PAUD Sergai Harap Peranan Orang Tua dalam Membentuk Generasi Emas 2045

Perbaungan,

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang juga selaku Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menghadiri Pelepasan Anak Didik Taman Kanak-kanak (TK) Percontohan Tahun Ajaran 2023/2024 Kabupaten Sergai, yang dilaksanakan di Aula Titik Temu Sergai, Perbaungan, Kamis (27/6/2024).

Membuka sambutannya, Bunda PAUD Sergai menyampaikan jika ini adalah momen yang sangat berharga dan dinanti-nantikan oleh para orang tua, sebagai langkah awal dalam perjalanan pendidikan anak-anak menuju jenjang berikutnya.

“Kepada para orang tua, terutama para ibu, saya sangat berharap kita semua terus membimbing dan mendukung anak-anak kita. Mereka adalah aset berharga bagi masa depan kita, khususnya dalam menyongsong Generasi Emas tahun 2045. Kita harus mempersiapkan mereka dengan sebaik-baiknya, baik dalam aspek akademik maupun karakter,” ujarnya.

 

Lewat sambutannya Bunda PAUD Sergai menyampaikan pentingnya peran orang tua dalam membentengi anak dari berbagai pengaruh buruk yang mungkin saja didapati dari pergaulan dan interaksi dengan dunia luar.

“Salah satu yang penting untuk dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengajarkan anak pendidikan agama. Untuk itu penting bagi kita untuk membekali anak-anak kita dengan ajaran agama yang kuat, sehingga mereka memiliki akhlak yang baik. Pendidikan yang mereka terima di PAUD ini adalah fondasi penting, namun tugas kita belum selesai. Kita harus terus memantau perkembangan mereka dan memastikan bahwa mereka tetap berada di koridor ang benar,” tutur Rosmaida Saragih.


Tak kalah penting, Bunda PAUD Sergai juga mengingatkan pentingnya peran serta orang tua dalam membatasi penggunaan gawai pada anak usia dini.

“Di era digital ini, kita juga harus bijaksana dalam mengawasi penggunaan gadget oleh anak-anak kita. Terlalu lama bermain gadget dapat berdampak negatif pada perkembangan mereka. Oleh karena itu, mari kita batasi dan arahkan penggunaan gadget agar lebih bermanfaat bagi mereka,” pesannya lebih lanjut.

Menutup sambutannya ia berharap dukungan dan peran serta orang tua dan tenaga pendidik dalam menciptakan generasi Sergai yang berkualitas.


“Saya sangat berharap, dengan dukungan dan bimbingan kita semua, anak-anak kita akan tumbuh menjadi generasi yang hebat, cerdas, dan membanggakan kita semua. Mereka adalah harapan kita. Untuk itu, mari kita bersama-sama menciptakan masa depan yang cerah bagi mereka,” tandasnya.

Di kesempatan serupa, Ketua Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak (GOPTKI) Sergai yang juga merupakan Ketua Yayasan TK Percontohan Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan pada kesempatan ini mengungkapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk mendapatkan pendidikan di TK Percontohan.

“Kepercayaan yang diberikan kepada kami bukanlah sesuatu yang kami anggap remeh. Kami sadar betul bahwa pendidikan anak-anak adalah tanggung jawab besar yang harus kami emban dengan penuh dedikasi dan ketulusan,” sebutnya.

Oleh karena itu, Aini Zetara menegaskan jika pihaknya akan terus berusaha untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan para tenaga pendidik di TK Percontohan agar dapat memberikan yang terbaik di era perubahan yang begitu cepat ini.

“Era dimana teknologi dan informasi berkembang pesat, menuntut kita untuk selalu belajar dan beradaptasi dengan berbagai perubahan yang ada,” sebutnya.

Acara ini dihadiri antara lain oleh Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Sergai Nur Asiah Nasution, S.Pd, para guru TK Percontohan, serta para orang tua murid.

Teks/Editor : Ardi/Lenti
Reporter : Budi
Admin : Maya
97 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *