Mediacenter

Pemkab Sergai Perkuat Program BKB HIU untuk Turunkan Stunting

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus berupaya menurunkan angka stunting pada balita. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah penguatan program Bina Keluarga Balita (BKB) Holistik Integratif Unggulan (HIU).

Hal ini disampaikan oleh Pjs Bupati Sergai Parlindungan Pane, SH, MSi melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBB3A) Mashita Damanik M.Kes sekaligus membuka rapat koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tahun 2024, yang berlangsung di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (25/10/2024).

Dalam rapat tersebut, ditekankan pentingnya peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader BKB dalam memberikan pelayanan kepada keluarga balita. Sinergi antara berbagai pihak juga diidentifikasi sebagai kunci keberhasilan program ini.

Pjs Bupati menyebutkan bahwa salah satu tantangan utama kesehatan di Kabupaten Sergai adalah masalah stunting pada balita.Sebagai respons terhadap tantangan ini, Pemkab Sergai telah meluncurkan gerakan percepatan perbaikan gizi dan kesehatan sejak 1000 hari pertama kehidupan, untuk menurunkan masalah kesehatan dan gizi pada balita melalui pemantauan perkembangan di Bina Keluarga Balita (BKB).

“BKB merupakan kegiatan khusus yang mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur” jelas Pjs Bupati. Lebih lanjut dikatakan Parlindungan Pane bahwa untuk memudahkan pelaksanaan di lapangan, BKB perlu dikembangkan dan diintegrasikan dengan Posyandu dan PAUD dengan tujuan agar seluruh sasaran dapat terjaring dalam kegiatan BKB, Posyandu dan PAUD dalam satu wadah yaitu BKB HIU.

“Saat ini, Kabupaten Sergai telah memiliki 17 BKB HIU yang tersebar di masing-masing kecamatan, namun belum ada yang memiliki BKB HIU yang terintegrasi secara pelayanan dan pelapotan. Untuk itu, Rapat koordinasi ini bertujuan memperkuat program BKB HIU dan meningkatkan sinergi antar berbagai pihak dalam upaya menurunkan angka stunting” ungkap Pjs Bupati.

Parlindungan Pane berharap pertemuan ini juga mampu mendorong dan menguatkan komitmen dan kolaborasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader sehingga semua kader dapat memahami dan melaksanakan kegiatan BKB HIU dengan baik demi mendulung tumbuh kembang anak di Sergai.

Rapat koordinasi ini turut dihadiri oleh Ketua MUI Serdang Bedagai H. Haspul Huznain, yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sergai, Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Sergai, Para Koordinator Balai Penyuluhan KB Se-kabupaten Sergai, dan seluruh tim percepatan penurunan stunting Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Chan/Ardi

Reporter : Frans/Fayad

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts