Mediacenter

Wakili Sumut Di Ajang Putera Kebudayaan Nasional, Bupati Sergai : “ Jaga Perilaku yang Baik “

Sei Rampah,

Budaya merupakan warisan dari nenek moyang dan bagi kita semua khususnya generasi penerus bangsa perlu untuk melestarikannya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, Selasa (19/10/2021) di ruang kerjanya Kompleks Kantor Bupati Sergai, saat menerima kunjungan sekaligus memberikan dukungan kepada Muhammad Aulia Agil Saragih, Putera daerah asal Kecamatan Perbaungan sebagai Putra Kebudayaan Sumatera Utara (Sumut) melaju ke tingkat nasional.

Bupati Darma Wijaya juga mengucapkan terima kasih, karena Agil telah mengukir prestasi dari sebelumnya membawa harum nama Kabupaten Sergai, selanjutnya ke tingkat nasional membawa nama Provinsi Sumut.

“ Kami akan memberikan dukungan agar ananda Muhammad Aulia Agil Saragih bersemangat dan mempersiapkan diri lebih maksimal. Misi kebudayaan yang dibawa Agil, sangat baik bagi generasi muda untuk melestarikan budaya yang menjadi salah satu warisan bangsa,” kata Bupati.

Diakhir penyampaiannya, Ia juga berpesan agar menjaga sikap dan perilaku yang baik dan dimiliki Agil turut diimbangi dengan prestasi yang telah diraih hingga saat ini.

“ Semoga Agil bisa benar-benar dapat mempresentasikan budaya di Sumut yang akan dibawa. Jangan sampai salah apalagi keliru,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Agil yang datang ditemani oleh Drs Suryanto Sirhran, seorang penggiat Budaya Sergai mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan. Ia berharap, apa yang dilakukannya saat ini bisa membantu dalam mencapai visi misi serta memajukan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“ Saya akan berusaha maksimal pada perhelatan ini. Sesi interview, talent show, dan lain sebagainya akan dilakukan maksimal. Saya mohon doa dan dukungan Bapak Bupati dan warga Sergai khususnya,” ungkap siswa kelas XII SMAN 2 Perbaungan ini.

Ia menuturkan akan memasuki masa karantina pada 18 November 2021 mendatang dan malam puncak pemilihan diadakan pada 21 November 2021 di Yogyakarta, tutupnya.

Didaulat sebagai Duta Literasi Sergai

Masih dikesempatan yang sama, Agil menceritakan jika saat ini Ia tengah menggarap buku saku kebudayaan yang akan disebarluaskan saat melakukan sosialisasi kepada para pelajar generasi penerus bangsa. Hal ini bertujuan agar menumbuhkan semangat dalam melestarikan budaya dan literasi para pelajar sehingga bisa lebih baik terkait dengan budaya.

“ Buku saku yang akan saya buat tentang budaya. Jadi, nanti dibagi-bagi untuk menambah wawasan budaya bagi masyarakat khususnya pelajar,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Darma Wijaya yang didampingi Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin juga meminta Agil untuk keliling menggaungkan semangat literasi di masyarakat khususnya kepada para pelajar.

” Saya harap jangan pas ada ajang seperti ini saja semangat untuk bersosialisasi. Kalau bisa jalan ke sekolah-sekolah atau kemana saja untuk menggalakkan literasi. Karena memang minat baca kita ini belum tinggi,” pungkasnya. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts